Breaking News:

Berita Ekonomi

Kemenperin Dorong Percepatan Pembangunan KIT Batang untuk Jadi Pengembangan Ekonomi Baru

Pengembangan kawasan industri bisa menjadi pusat ekonomi baru di wilayah tersebut, dengan mendatangkan APBD yang cukup besar.

Tribun Jateng
Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi Kawasan Industri Batang yang berada di Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Kementerian Perindustrian terus mendorong upaya percepatan pembangunan kawasan industri terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Akselerasi pembangunan diyakini bisa memacu pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, terutama untuk pemulihan kembali akibat pandemi Covid-19.

Pengembangan kawasan industri bisa menjadi pusat ekonomi baru di wilayah tersebut, dengan mendatangkan APBD yang cukup besar.

Hal ini telah terbukti melalui pembangunan kawasan industri IMIP di Morowali, Sulawesi Tengah dan kawasan industri IWIP di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Dikenal Bandel, Mitsubishi Pajero Sport Bekas Generasi Ketiga Banyak Dicari

Direktur Perwilayahan Industri Kemenperin, Ignatius Warsito berharap KIT Batang dapat menjadi bounce back project yang menawarkan pengembangan ekonomi baru di wilayah Batang khususnya dan Jawa Tengah secara umum.

"Strategi pengembangan KIT Batang tentu dengan pemberian insentif sebagai kawasan industri prakarsa pemerintah, yang saat ini peraturannya sedang disusun oleh Kemenperin," terang Warsito melalui keterangan resmi, Sabtu (6/2/2021).

Pengembangan KIT Batang sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019 dan Perpres No. 109 Tahun 2020.

Sepupu Prof Firmanzah: Keluarga Tak Menyangka Beliau Pergi Begitu Cepat

Sudirman Said Kenang Almarhum Firmanzah: Profesor Termuda, Pemikir dan Aktivis Sosial

 "Kemenperin sangat intens berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya, termasuk BUMN yang ada dalam konsorsium. Kami juga berharap dukungan dari DPR dalam upaya percepatan pembangunan KIT Batang," tutur Warsito.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan pihaknya mendukung pengembangan KIT Batang, Jawa Tengah.

Hal ini guna menangkap peluang masuknya investasi potensial ke tanah air dari sejumlah sektor industri yang ingin merelokasi pabriknya dari China.

Lima Tempat Tujuan Wisata Kabupaten Batang Jawa Tengah Lolos Prokes, Libur Panjang Siap Dikunjungi

Jokowi Resmikan Kawasan Industri Batang Jawa Tengah, Disiapkan Menjadi Pusat Manufaktur Nasional 

"Kami melihat, kawasan industri di Batang ini memiliki lokasi yang strategis. Secara geografis, akses Kabupaten Batang dekat dengan Kota Semarang yang memiliki Bandara Internasional Ahmad Yani," kata Agus.

Halaman
1234
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved