Pilkada Tangsel 2020

Benyamin Davnie dan Pilar Saga Bantah Gunakan Dana Baznas untuk Kampanye saat Pilkada Tangsel 2020

Paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan membantah tuduhan menggunakan dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat kampanye Pilkada Tangsel 2020.

Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rizki Amana
Paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan membantah tuduhan menggunakan dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat kampanye Pilkada Tangerang Selatan 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan membantah tuduhan menggunakan dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat kampanye Pilkada Tangerang Selatan 2020.

Hal itu disampaikan kuasa hukum Benyamin-Pilar, Samsul Huda, saat sidang lanjutan sengketa hasil Pilkada Tangsel 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (5/2/2021).

 "Terkait dengan tuduhan penyaluran dana Baznas sebagai alat kampanye. Kami menolak dengan tegas tuduhan yang disampaikan oleh pemohon," ujarnya.

Menurut Samsul, penyaluran dana Baznas untuk santunan anak yatim piatu itu dilakukan bersamaan dengan hari jadi Kota Tangsel.

Kegiatan tersebut diketahui dan diawasi oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Tangsel. Terlebih lagi, dana tersebut diberikan kepada anak-anak yang belum memiliki hak suara pada Pilkada Tangsel 2020.

"Kegiatan yang dicurigai ini ternyata telah diperiksa oleh Bawaslu dan tidak ada pelanggaran di sana," ungkapnya.

Menurut Samsul, proses penyaluran dana Baznas yang dilakukan Pemerintah Kota Tangsel pada tahun 2020 memang berbeda dibanding sebelumnya.

Namun, hal tersebut tidak terkait dengan agenda politik Pilkada Tangsel. Namun, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

"Untuk menghindari adanya kerumunan karena Covid-19 dan ada aturan protokol kesehatan. Sehingga kenapa harus dilakukan di kelurahan-kelurahan, yang pada tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di kantor wali kota," tuturnya.

Sebelumnya, Kubu pasangan calon Muhamad-Rahayu Saraswati, menyebut Airin Rachmi Diany manfaatkan dana Baznas untuk memenangkan pasangan Benyamin-Pilar Saga dalam Pilkada Tangsel 2020.

Hal tersebut diungkapkan Kuasa Hukum Kubu Muhamad-Sara, Swardi Aritonang, dalam sidang pemeriksaan pendahuluan sengketa hasil Pilkada Tangsel di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021).

"Wali Kota Airin selaku tim kampanye dalam jabatannya sebagai pengarah kampanye terjun langsung membagikan uang santunan anak yatim yang sumber dananya dari Badan Zakat Nasional (Baznas)," ujar Swardi.

Kata Swardi, Baznas tersebut disalurkan ke-54 kelurahan di tujuh kecamatan se-Tangsel yang sekaligus mengajak masyarakat untuk memenangkan Benyamin-Pilar Saga.

Hal tersebut diperkuat dengan posisi Benyamin sebagai petahana Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, dan juga kedekatan Pilar Saga yang merupakan keponakan dari Airin.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved