Breaking News:

Berita Video

VIDEO Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, 10 Unit Pompa Disiagakan di Waduk Pluit

"10 itu normal biasa aktif. Yang sekarang kita aktifkan itu hanya kedatangan air yang seberapa aja, misalnya -170 sampai -175 (cm).

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, PENJARINGAN - Rumah Pompa Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara menyiagakan 10 unit pompa membuang air ke Teluk Jakarta untuk mengantisipasi timbulnya banjir saat musim hujan.

Operator Rumah Pompa Waduk Pluit Dedy Hadiyanto mengatakan kondisi 10 unit pompa itu siap dipakai dan selalu diaktifkan untuk menjaga ketinggian air di angka -190 sentimeter.

"10 itu normal biasa aktif. Yang sekarang kita aktifkan itu hanya kedatangan air yang seberapa aja, misalnya -170 sampai -175 (cm). Kita harus pompa tiap hari," kata Dedy, Jumat (5/2/2021).

Dedi menceritakan 10 unit pompa yang disiagakan itu dibagi dalam tiga titik. Khusus bagian timur ada tiga pompa stasioner dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter per detik yang disiapkan.

Sementara pada bagian barat, ada tiga pompa yang disiagakan dengan kapasitas 6.000 liter per detik. Satu titik lainnya di bagian tengah dengan empat pompa berkapasitas 4.000 liter per detik.

Menurut Dedy, perawatan dilakukan secara rutin terhadap pompa-pompa tersebut mengingat lokasi Rumah Pompa Waduk Pluit berbatasan langsung dengan lautan Teluk Jakarta.

"Kita terus lakukan perawatan terhadap pompa-pompa yang ada, karena kita siaga 24 jam setiap harinya," tutup Dedy.

Sementara itu ketinggian air di Rumah Pompa Waduk Pluit pada hari ini, Jumat (5/2/2021) sore berada pada angka -185 sentimeter atau masih terpantau normal.

Meski demikian, para petugas di Rumah Pompa Waduk Pluit tetap siaga apabila sewaktu-waktu ketinggian air berubah. Sehingga mengantisipasi kemungkinan datangnya musibah banjir.

"Untuk ketinggian air masih normal. Kita masih Siaga 4, belum ada tanda-tanda air akan tinggi," kata Dedy. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved