Breaking News:

Berita Nasional

Pemerintah Perkirakan Ekonomi Indonesia Mentok Tumbuh 2 Persen di Kuartal I 2021

Airlangga Hartarto mengatakan, untuk keseluruhan target di 2021 yakni pertumbuhan ekonomi di antara 4,5 persen sampai 5,5 persen. 

Biro Pers/Setpres - Muchlis Jr
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pandangan terkait perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, pemerintah memperkirakan ekonomi Indonesia mentok tumbuh 2 persen di kuartal I 2021. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk keseluruhan target di 2021 yakni pertumbuhan ekonomi di antara 4,5 persen sampai 5,5 persen. 

"Tentunya kita berharap bahwa masih ada pertumbuhan positif di kuartal I. Rentangnya kita perkirakan 1,6 persen sampai dengan 2 persen," ujarnya saat konferensi pers, Jumat (5/2/2021) 

Soal Kontraksi Ekonomi RI, Pemerintah Dinilai Belum Habis-habisan Atasi Pandemi

Airlangga menjelaskan, satu yang memang jadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah itu adalah mendorong sektor konsumsi rumah tangga hingga tumbuh 1,3 persen sampai 1,8 persen. 

Kemudian, konsumsi pemerintah juga diharapkan yang biasanya di kuartal pertama itu rendah yaitu sekira 3 persen sampai 4 persen mesti ditingkatkan. 

"Nah ini kita dorong supaya kalau bisa naik antara 4 persen sampai 5 persen," kata Airlangga. 

Selanjutnya, pada tahun 2020 kemarin yang juga mengalami kontraksi sepanjang tahun yaitu investasi dengan raihan minus 4,1 persen. 

Hindari Penyebaran Covid-19, Wihara Dharma Bhakti Tidak Gelar Sembahyang Imlek

Airlangga menyampaikan, tentu pemerintah berupaya agar investasi bisa berbalik arah di jalur positif dengan target 3 persen sampai 4 persen di 2021. 

Selain itu, PR berikutnya adalah mendorong ekspor dan impor dengan menyelesaikan kendala teknis di sisi logistik kontainer. 

"Kita ketahui bersama dari ekspor impor ini terjadi lonjakan ekspor dan saat sekarang masalah teknis yang dihadapi adalah kekurangan kontainer. Pemerintah segera menangani masalah ini, sehingga permintaan yang melonjak itu bisa diantisipasi," pungkas Airlangga.

Halaman
123
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved