Breaking News:

Berita Nasional

Kunjungi Desa Batu Hitam, Sandiaga Uno Sebut Kearifan Lokal Modal Utama Pemulihan Parekraf Nasional

Kunjungi Desa Batu Hitam, Sandi Sebut Kearifan Lokal Modal Utama Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nasional

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Desa Batu Hitam, Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (5/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BANGKA BELITUNG - Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno di Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (5/2/2021) berlanjut ke Desa Batu Hitam.

Desa yang merupakan sentra produksi kapal kayu itu dinilai Sandi menyimpan potensi besar dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kepulauan Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan Sandi ketika meninjau kawasan bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman serta Bupati dan Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Isyak Meirobie.

Lewat inovasi, desa yang semula hanya sebatas memproduksi kapal kayu dapat diubah menjadi desa wisata dengan menampilkan beragam proses pembuatan kapal kayu serta aktivitas masyarakat.

Begitu juga dengan kapal kayu hasil kreasi masyarakat Desa Batu Hitam.

Kapal kayu yang semula hanya diproduksi sebagai sarana pengangkut barang dapat dikonversi menjadi kapal wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kepulauan Bangka Belitung.

"Hari ini kita melihat salah satu desa ekonomi kreatif, yaitu Desa Batu Hitam dan ini merupakan bagian dari satu kearifan lokal, membuat kapal dari kayu untuk mengangkut barang dan juga bisa kita konversikan bisa dipakai untuk pariwisata," ungkap Sandi.

"Ada juga produk mika yang sudah sampai ke Singapura, dan baju yang saat ini sedang saya kenakan adalah baju batik sepiak Belitong," tambah Sandi memamerkan kemeja yang dikenakannya.

Kolaborasi dengan Pengurus RT, Isnawa Adji Imbau Warga Pindah dari Lokasi Rawan Longsor

Sejalan dengan gagasannya mengubah Desa Batu Hitam menjadi desa wisata, Sandi bersama rombongan akan menyusuri sungai hingga muara di selatan Pulau Belitung.

Dirinya akan memetakan infrastruktur maupun fasilitas yang dibutuhkan dalam mewujudkan desa wisata. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Desa Batu Hitam, Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (5/2/2021).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Desa Batu Hitam, Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (5/2/2021). (Istimewa)
Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved