Berita Jakarta

ANIES Baswedan Dinobatkan sebagai Salah Satu ‘Pahlawan’ Transportasi di Lembaga Internasional

Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam 21Heroes2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

PemproV DKI Jakarta
Dinilai sukses mengurus transportasi publik di Ibu Kota, Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam 21Heroes2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Foto dok: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan Mobile Labs PCR Covid-19 BSL 2, di Balai Kota DKI, Kamis (28/1/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam 21Heroes2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies tidak sendirian, tapi ada 20 orang lainnya yang dinobatkan serupa, termasuk CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk dan Wali Kota Paris, Anne Hidalgo.

Mereka terpilih karena keberhasilannya melakukan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Vidoe: Wagub DKI Akhirnya Donorkan Plasma Konvalesen Covid-19

Dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21Heroes2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020.

Hal ini terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi (pandemi) dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif dan berkelanjutan.

Anies: Lahan Makam Jenazah Covid-19 Disiapkan, Warga Tolak RTH Kramat 3 Dijadikan Makam Covid-19

Isu Pilkada 2024 Memanas, Pengamat Nilai Anies Tak Perlu Merasa Paling Dijegal

Dikutip dari dokumen TUMI, selama kepemimpinan Anies, Jakarta telah mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal bahkan selama pandemi Covid-19.

Karenanya Anies dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua.

Salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko.

Dalam sistem itu, Anies juga mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT) sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

PENYEBAR Foto Viral Susi Pudjiastuti-Anies Baswedan Pasangan ASU dan Kadrun Akhirnya Beri Jawaban

Selain itu juga telah berhasil mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi, di mana jalan untuk pejalan kaki menjadi prioritas pembangunan.

Selanjutnya, kendaraan bebas emisi (sepeda), transportasi umum massal dan terakhir kendaraan pribadi.

Dengan demikian, paradigma tersebut membuat Pemprov DKI gencar melakukan improvement dalam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved