Breaking News:

Ekonomi Tumbuh

Airlangga Hartarto Optimistis Ekonomi Tumbuh Lima Persen Lebih pada Tahun 2021, Ini Resepnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan momentum pemulihan ekonomi diperkirakan terus berlanjut pada tahun 2021.

Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan momentum pemulihan ekonomi diperkirakan terus berlanjut pada tahun 2021. Karena pemerintah telah mempunyai strategi untuk mengatasinya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan momentum pemulihan ekonomi diperkirakan terus berlanjut pada tahun 2021. 

Karena itu, Airlangga memperkirakan ekonomi nasional bisa tumbuh hingga lima persen lebih tahun ini. 

"Diperkirakan ekonomi akan tumbuh di kisaran 4,5 persen sampai 5,5 persen. Ini didukung oleh peningkatan konsumsi rumah tangga, investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor," ujarnya saat konferensi pers, Jumat (5/2/2021). 

Untuk memastikan hal ini, pemerintah mempersiapkan tiga strategi utama untuk game changer, antara lain mempertahankan daya beli masyarakat menengah ke bawah. 

Caranya yakni dengan melanjutkan program perlindungan sosial yang difokuskan pada masyarakat menengah ke bawah. 

Kemudian, lanjut Airlangga, melalui bentuk Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, dan di saat yang sama pemerintah berkomitmen menjaga keberlanjutan dunia usaha. 

Menjaga keberlanjutan usaha ini juga dengan adanya dukungan kepada UMKM, korporasi, serta koperasi sebagai program prioritas. 

Selanjutnya, dia menambahkan, pemerintah juga mendorong kepercayaan konsumen dari kelompok menengah ke atas untuk berbelanja dengan percepatan penanganan Covid-19. 

"Selain itu, agar masyarakat bisa berbelanja dari seluruh tingkatan dengan melakukan vaksinasi untuk masyarakat yang ditargetkan. Melalui kegiatan (vaksinasi) untuk mencapai herd immunity ke 182 juta penduduk," ucapnya.

Menurut Airlangga, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tahunan (year on year/yoy) pada tahun 2020 memang minus 2,07 persen. 

Halaman
123
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved