Breaking News:

Berita Jakarta

Harap Diperhatikan, 50 Kamera ETLE Tambahan Bakal Terpasang di DKI Pertengahan Maret 2021 Mendatang

Harap Diperhatikan, 50 Kamera ETLE Tambahan Bakal Terpasang di DKI pada Pertengahan Maret 2021 Mendatang

Warta Kota/Budi Malau
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengajukan penambahan 50 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) untuk ditempatkan di sejumlah titik di Jakarta, ke Pemprov DKI. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan sebanyak 50 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) tambahan, ditargetkan akan mulai terpasang di DKI pada pertengahan Maret 2021 ini.

Saat ini kamera E-TLE Jakarta ada 53 kamera dan itu termasuk tahap kedua. Tahun 2021 dikembangkan tahap ketiga dengan penambahan 50 kamera ETLE baru.

"Rencananya minggu kedua atau ketiga Maret 2021, pihak Korlantas akan meluncurkan ETLE nasional dengan melibatkan 8 Polda salah satunya adalah Polda Metro Jaya. Saat tu nanti terpasang dan akan di-launching oleh bapak Kapolri. Tapi ini diinisiasi oleh bapak Korlantas untuk launching ETLE nasional," kata Sambodo, Kamis (4/2/2021).

Untuk penambahan ETLE di Jakarta kata Sambodo, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan rapat dengan pihak Transjakarta dan pihak pengelola Jalan Tol untuk update terakhir perkembangan pemasangan kamera tambahan itu.

"Rapat untuk menentukan titik pemasangan kamera ETLE baru di 10 koridor busway dan di jalur tol. Sehingga sambil menunggu penambahan keputusan dari Pemprov DKI untuk penambahan ETLE tahap ketiga," kata Sambodo.

Kadisdik Kota Bekasi Minta Guru Terus Ajak Siswa dan Orangtua Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Sambodo semakin banyak kamera ETLE yang dipasang di Jakarra akan semakin bagus.

"Karena kalau semua titik sudah ada ETLE-nya tentu akan mempermudah tugas anggota lantas di lapangan. Sehingga anggota dapat lebih fokus mengatur lalu lintas dan tidak kepada penangkapan pelanggaran. Karena penangkap pelanggaran sudah dilakukan oleh kamera ETLE," katanya.

Menurut Sambodo ada fitur tambahan dalam spesifikasi kamera ETLE tambahan ini.

"Spek kamera bisa menangkap pelanggaran lainnya. Contohnya pelanggar over capacity pada motor yakni naik motor bertiga nanti bisa tercapture kamera. Kemudian pelanggaran tidak menggunakan helm, juga bisa ketangkap oleh kamera. Lalu pelanggaran batas kecepatan baik kecepatan maksimap maupun kecepatan minimal, itu juga bisa," paparnya.

Insentif Dipotong Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Tegaskan Peran Dokter-Perawat Sebagai Garda Terdepan

Karenanya kata Sambodo, welain jumlah kamera yang ditambah, maka jenis pelanggaran yang bisa ditangkap kamera juga bisa ditambah.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved