Breaking News:

Kabar Duka

Sudarno Mantan Kiper Timnas, Persija Dan PSMS Meninggal Dunia Dalam Usia 67 Tahun

Sudarno lahir pada 10 Juli 1953, telah menjadi sosok legendaris di dunia sepakbola Indonesia dan pernah menjadi pelatih kiper timnas Indonesia

Editor: Umar Widodo
Istimewa
Alm Sudarno, mantan kiper timnas sepak bola Indonesia era 70-80an 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mantan kiper timnas Indonesia, Sudarno meninggal dunia di usia 67 tahun pada Rabu (3/2/2021). Kabar meninggalnya Sudarno disampaikan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di akun medsosnya.

Sudarno lahir pada 10 Juli 1953, telah menjadi sosok legendaris di dunia sepakbola Indonesia.

Sudarno merupakan salah satu kiper yang kerap kali menjadi pilihan untuk mengawal gawang Timnas Indonesia pada era 70-an.

Sudarno juga pernah membela sejumlah klub ternama di Indonesia, seperti Persija Jakarta dan juga PSMS Medan. Ia pernah membawa Persija Jakarta juara bersama PSMS Medan di era perserikatan pada 1975.

Setelah pensiun, Sudarno terus berkiprah di dunia sepakbola dengan mengemban pekerjaan baru sebagai pelatih. Ia bekerja sebagai pelatih penjaga gawang Timnas Indonesia dibawah Benny Dollo.

Saat itu, ia membantu Indonesia meraih trofi Piala Kemerdekaan 2008 setelah menang WO 3-0 atas Libya di partai puncak yang berlangsung di SUGBK, Senayan.

Ketum PSSI Minta Shin Tae-yong Juga Bawa Timnas Senior TC ke Korea Selatan

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Diundur, PSSI Ubah TC Timnas Senior

Sebenarnya, Libya unggul 1-0 ketika babak pertama berakhir. Namun, karena skuad Libya menarik diri, wasit Shahabuddin Mohd Hamiddin yang memimpin jalannya pertandingan memberi kemenangan WO kepada Indonesia.

Menurut pengakuan pelatih Libya, skuadnya menarik diri setelah dirinya dipukul salah satu staf pelatih Timnas Indonesia. Dan diduga yang melakukan pemukulan itu adalah Sudarno.

Pekerjaan itu diembannya dalam tiga era, yakni pada 2000-2001, 2002-2004, dan 2004-2008. Setelah itu, perannya digantikan oleh Eddy Harto.

Kabar berpulangnya Sudarno telah meninggalkan duka mendalam untuk berbagai insan di dunia sepakbola. Salah satunya kepada Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Ia menyampaikan rasa dukanya lewat cuitan di akun Twitter resminya, @iriawan84.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Sudarno (legenda penjaga gawang timnas). Semoga almarhum mendapat tempat yg mulia di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Aamiin," tulis Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di akun resmi Twitter.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved