Breaking News:

Disebut WNA AS, Orient P Riwu Kore Bupati Sabu Raijua Terpilih Ternyata Pernah punya Paspor Amerika

Zudan Arif menyebut pihaknya telah berkordinasi dengan Kemenkumham terkait dengan paspor dan kewarganegaraan Orient P Riwu Kore.

Editor: Mohamad Yusuf
(Sumber: akun Facebook Orientriwukore Via Kompas TV)
Orient P Riwu Kore (kiri) yang menjadi Bupati terpilih Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur diduga masih menjadi warga negara Amerika Serikat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Orient Patriot Riwu Kore Bupati Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih pada Pilkada 2020 ternyata pernah memiliki paspor Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut pun menguatkan bahwa saat ini Orient Patriot Riwu Kore Bupati Sabu Raijua terpilih disebut-sebut berstatus Warga Negara Asing (WNA) AS.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun angkat bicara terkait status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore Bupati Sabu Raijua. 

Baca juga: Mau Rapid Test Swab Antigen Gratis? Bisa Datang ke Seluruh Polsek di Jakarta Setiap Senin dan Kamis

Baca juga: Daftar 25 Kelurahan di Jakarta dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Sunter Jaya Urutan Pertama,270 kasus

Baca juga: Sandiaga Uno Usulkan Program Pinjaman Lunak Rp9,9 Triliun untuk Bangkitkan Pariwisata di Bali

"Saya berhasil menelpon Pak Orient Riwukore hari ini tanggal 3 Februari 2020, diperoleh informasi bahwa benar yang bersangkutan pernah memiliki paspor Negara Amerika Serikat (AS)," kata Zudan Arif Fakrulloh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dalam siaran tertulisnya, Rabu (3/2/2021).

"Namun tanpa melepaskan status kewarganegaraan Indonesia dan yang bersangkutan memiliki paspor Indonesia diterbitkan tanggal 1 April 2019," tambahnya.

Zudan Arif juga menyebut bahwa pihaknya telah berkordinasi dengan Dirjen Imigrasi dan Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham terkait dengan paspor dan kewarganegaraan Orient Riwu Kore.

Bahwa benar paspor tersebut diterbitkan oleh pihak imigrasi karena Orient belum pernah melakukan pelepasan kewarganegaraan sebagai WNI untuk menjadi WNA.

Karena dalam sistem ketatanegaran Indonesia, kewarganegaraan adalah hulu dan pencatatan administrasi kependudukan adalah hilirnya.

Maka kewarganegaraan seseorang akan mempengaruhi pencatatan adminsitrasi kependudukannya.

"Terkait status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore, hasil koordinasi dengan Kemenkumham bahwa status kewarganegaraannya masih dalam pengkajian untuk menentukan bahwa yang bersangkutan masih WNI atau sudah menjadi WNA," katanya.

Namun, lanjutnya, apabila terbukti Orient Riwu Kore adalah WNA maka KK dan KTP elnya akan dibatalkan oleh Dinas Dukcapil.

Baca juga: Besaran Gaji dan Tunjangan Bagi Anda yang Lolos Seleksi CPNS 2021 dan PPPK

Baca juga: Disebut Terlibat Rencana Kudeta Partai Demokrat, Ini Profil Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan

Baca juga: Nekat, Mau Dihentikan, Mobil Angkot ELF Ugal-ugalan ini Justru Tabrak Polisi hingga Terperosok

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved