Breaking News:

Virus Corona

OJK Restrukturisasi Kredit Rp 971 Triliun Selama Pandemi Covid-19 untuk Ringankan Debitur

Restrukrisasi Kredit Perbankan Capai Rp 971 Triliun Selama Pandemi. Hal ini untuk meringankan debitur yang belum pulih.

Tribunnews.com
otoritas jasa keuangan (OJK) restrukturisasi kredit selama masa pandemi Covid-19 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, saat ini restrukturisasi kredit perbankan telah mencapai Rp 971 triliun atau 18 persen dari total kredit selama pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, jumlah restrukrisasi itu dari sekitar 7,6 juta debitur UKM dan korporasi. 

"Perpanjangan kebijakan restrukturisasi kredit hingga Maret 2022 dan restrukturisasi pembiayaan hingga April 2022," ujarnya saat konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, kemarin malam. 

Baca juga: Kembangkan Program Sertifikasi Pengawas, 21 Staf OJK Dapatkan Beasiswa Pelatihan dari StuNed

Baca juga: Kasus Rp 72 Juta Hilang di Rekening Maybank, Tanggapan Pihak Maybank Hingga Langkah OJK Solo

Wimboh menjelaskan, tujuan restrukturisasi untuk meringankan beban debitur yang belum pulih dari dampak pandemi Covid-19 sekaligus menjaga kinerja dan stabilitas sektor keuangan. 

"Dalam hal dilakukan restrukturisasi berulang selama periode relaksasi, debitur tidak dikenakan biaya yang tidak wajar atau berlebihan," katanya. 

Sementara itu, dia menambahkan, kebijakan restrukturisasi di perusahaan pembiayaan juga berjalan dengan baik dan hingga 25 Januari 2021. 

"Perusahaan pembiayaan telah melakukan restrukturisasi kepada nasabahnya senilai Rp 191,58 triliun dari 5 juta kontrak pembiayaan yang telah disetujui," pungkas Wimboh.

BRI restrukturisasi kredit 2,83 juta debitur senilai Rp 186,6 triliun

Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan pihaknya telah restrukturisasi kredit sebesar Rp 186.6 triliun tehadap 2,83 juta debitur sepanjang 2020.

“Ini adalah berita baik karena sudah menurun, jadi sebelumnya mencapai Rp 193 triliun yang direstrukturisai,” kata Sunarso dalam raker bersama Komisi XI DPR, Selasa (2/2/2021) dikutip dari Antara. 

Halaman
12
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved