Breaking News:

Berita Nasional

Jokowi Klaim Perbankan Syariah Catat Pertumbuhan Ekonomi Stabil Dibandingkan Konvensional

Jokowi optimis perkembangan ekosistem ekonomi syariah bisa berlangsung cepat dan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kesejahteraan umat,

sekretariat negara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis perkembangan ekosistem ekonomi syariah bisa berlangsung cepat dan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kesejahteraan umat, namun juga seluruh masyarakat Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja keuangan perbankan syariah yang dinilai mencatat pertumbuhan stabil di tengah ketidakpastian akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Alhamdulillah, di tengah krisis pandemi Covid-19, saya senang bahwa kinerja perbankan syariah Indonesia tetap mencatat pertumbuhan yang stabil," ujar Jokowi, saat meresmikan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2021) siang.

Menurutnya, perbankan syariah mencatatkan pertumbuhan yang jauh lebih baik dibandingkan perbankan konvensional.

"Bahwa perbankan syariah berhasil tumbuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perbankan konvensional, sekali lagi ini patut kita syukuri alhamdulillah," jelas Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Berharap Bank Syariah Indonesia Jadikan RI Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah Dunia

"Satu, sisi aset naik 10,97 persen secara tahunan (year on year), sementara bank konvensional naiknya 7,7 persen, artinya bank syariah lebih tinggi (pertumbuhannya)," kata Jokowi.

Begitu pula jika dilihat dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan syariah yang tumbuh 11,56 persen year on year (yoy).

"Dari sisi dana pihak ketiga, tumbuhnya 11,56 persen secara tahunan, sedikit juga di atas bank konvensional yang sebesar 11,49 persen," papar Jokowi.

Sedangkan untuk segi pembiayaan, pertumbuhannya jauh melampaui perbankan konvensional.

Baca juga: Sri Mulyani Pastikan Keringanan Biaya Listrik dan Bebas Abonemen untuk Pengusaha Lanjut di 2021

"Kemudian dari sisi pembiayaan tumbuh 9,42 persen secara tahunan, jauh lebih tinggi dari bank konvensional yang hanya tumbuh 0,55 persen, indikator-indikator seperti ini saya kira patut kita catat," tegas Jokowi.

Ia pun optimis perkembangan ekosistem ekonomi syariah bisa berlangsung cepat dan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kesejahteraan umat, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

Halaman
123
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved