Breaking News:

Pasar Modal

Ingin Lapor Kecurangan Perusahaan Tercatat dan Sekuritas ke BEI? Ini 7 Kanal Pelaporan Letter to IDX

Bila ada kecurangan atau pelanggaran, BEI menyediakan sarana pelaporan (whistleblowing system) yang bernama Letter to IDX.

thinkstockphotos
ILUSTRASI Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI menyediakan sarana pelaporan (whistleblowing system) yang bernama Letter to IDX bila ditemukan pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan perusahaan tercatat dan atau sekuritas. 

"Dengan adanya Letter to IDX, maka BEI dapat melakukan pencegahan dan deteksi dini atas potensi praktik serta tindakan yang bertentangan dengan tata kelola di lingkungan BEI..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik terus diterapkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai fasilitator dan regulator pasar modal Indonesia.

Tentu saja tata kelola baik di lingkungan perusahaan ini untuk menciptakan transparansi, akuntabilitas perusahaan, tanggung jawab, independensi, serta kewajaran dan kesetaraan perlakuan kepada para stakeholders. 

Dalam rangka penerapan tata kelola perusahaan, diperlukan partisipasi aktif dari para stakeholders dalam upaya mencegah dan atau mengungkap praktik serta tindakan yang bertentangan. 

"Oleh karena itu, BEI menyediakan sarana pelaporan (whistleblowing system) yang bernama Letter to IDX," ujar Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: Dalam Sepekan IHSG Minus 7,05 Persen, sementara Investor Asing Masih Beli Bersih Rp 10,9 Triliun

Baca juga: OJK Perkirakan Harga Saham Ketinggian Akibat Pompom Masih Berlanjut di 2021

Baca juga: Praktik Pom-pom Saham Diduga Mulai Libatkan Influencer, Begini Tanggapan OJK

Yulianto menjelaskan, letter to IDX merupakan sarana pelaporan informasi bagi publik terkait indikasi praktik serta tindakan yang bertentangan dengan tata kelola perusahaan di lingkungan BEI

"Baik itu dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal," katanya.

Baca juga: Milenial Ingin Cuan, Baca Analisa Prospek Saham di News RCTI+

7 Kanal pelaporan

Saat ini, lanjut dia, terdapat 7 kanal pelaporan Letter to IDX yang terdiri dari:

1. Website (wbs.idx.co.id),

2. E-mail (idx@tipoffs.info),

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved