Breaking News:

Proses Pengangkatan Sampah di Kali Baru Kota Depok Jadi Tontonan Warga

Proses pengangkatan sampah yang menutupi permukaan Kali Baru Depok menjadi tontonan warga setempat.

istimewa
Dinas PUPR Kota Depok mengerahkan dua alat berat untuk membersihkan sampah yang menutupi permukaan air Kali Baru. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Proses pengangkatan tumpukan sampah yang menyelimuti Kali Baru di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat menimbulkan ketertarikan warga sekitar untuk menyaksikan.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan dua alat berat yakni Amphibi PC 130 dan Spyder yang diturunkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

Langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Depok ini pun mendapat apresiaai dari Ketua RT 01/04, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Dahrom (60).

Baca juga: Pompa di Jakarta Banyak yang Rusak Akibat Sampah, Warga Diminta Jaga Lingkungan

Menurutnya, tumpukan sampah tersebut telah mengganggu lingkungan terlebih disaat musim penghujan seperti sekarang ini.

Viral di medsos, sampah yang menumpuk di Kali Baru Depok dibersihkan satgas.
Viral di medsos, sampah yang menumpuk di Kali Baru Depok dibersihkan satgas. (Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia)

"Karena memang tumpukan sampah seperti ini selalu terjadi terutama saat musim hujan, kalau tidak diangkat tentu bisa menyebabkan banjir," papar Dahrom kepada wartawan di lokasi pengangkatan sampah di Kali Baru, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (29/1/2021).

Persoalan tumpukan sampah seperti ini diakui Dahrom sudah terjadi sejak lama, bahkan warga di lingkungannya pun kerap bergotong royong membersihkan sampah yang berada dipinggir kali.

Baca juga: Kewalahan Angkut Sampah di Sepanjang Kali Baru Depok, Petugas Dinas PUPR Kerahkan Alat Berat

Lingkungan Dahrom memang terbilang wilayah yang bertetangga dengan Kali Baru, tak heran bila dirinya dan warga sekitar bahu membahu membersihkan sampah dan juga menyediakan tempat sampah khusus.

"Dilingkungan kami, kami siapkan tempat sampah agar warga tak membuang sampah ke kali, tapi kalau sampah (di Kali Baru) ini kan memang bawaan dari mana-mana ya, nah ngumpulnya itu di sini," akunya.

Berkumpulnya tumpukan sampah ini dikatakan Dahrom lantaran terjadi penyempitan aliran yang berada di bawah jembatan, sehingga sampah yang datang tersendat di pintu lorong aliran.

Baca juga: Volume Sampah Tinggi, Pemkot Bekasi Kesulitan Bersihkan Tumpukan Sampah Liar di Pinggir Tol JORR

Meski kerap terjadi hal semacam ini, Dahrom mengaku tak sampai membuat kualitas air dilingkungannya terganggu, kalaupun menimbulkan bau pun tak sampai menyengat.

Sementara itu, sejumlah petugas yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) sejak pukul 08.00 WIB memulai kerja mengangkut tumpukan sampah yang berlokasi tepat di depan PT YKK.

Sejumlah warga yang menyaksikan pun ada yang membawa alas duduk berupa karpet kecil untuk menyaksikan proses pengangkatan yang seolah dijadikan sebagai tempat wisata.

Baca juga: Setahun Lebih Kemenkeu Tidak Beri Jawaban, Lahan Pinggir Tol JORR Bekasi Kini Jadi Lautan Sampah

Dua alat berat yang diterjunkan memiliki fungsi masing-masing yang saling bertautan.

Untuk alat berat jenis Amphibi PC 130 yang diletakkan di permukaan air bertugas mengeruk sampah, sedangkan alat berat Spider menunggu di ataa jembatan untuk menerima hasil kerukan sampah yang kemudian dipindahkan langsung ke armada truk milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved