BWF World Tour Finals

Greysia/Apriyani Disingkirkan Pasangan Malaysia Kuan/Yean Dua Gim Langsung 13-21, 17-21 Di BWF Final

Hasil pertandingan penyisihan grup A ini dihitung berdasarkan Jumlah kemenangan Head to head, Jumlah gim Head to head dan Jumlah poin Head to head

Penulis: Umar Widodo | Editor: Umar Widodo
Badminton Photo
Greysia/Apriyani gagal lolos ke semifinal BWF Final 2020 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pupus sudah harapan ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu setelah dikalahkan dua gim langsung 13-21, 17-21 dari pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dalam waktu waktu 49 menit.

Tampil di pertandingan pertama penyisihan grup A BWF World Tour Finals yang berlangsung di lapangan 1 Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (29/1/2021) siang WIB.

Pasangan Greysia/Apriyani sempat tertinggal tujuh poin dengan skor 4-11 di interval gim pertama. Selepas jeda pertengahan gim pertama, persaingan kedua pasangan makin panas.

Greysia/Apriyani yang coba mengejar ketinggalan mendapat tekanan bertubi-tubi dari Kuan/Yean. Rally panjang yang coba dilakukan Greysia/Apriyani malah jadi bumerang.

Pasangan Indonesia kerap melakukan pengembalian tak akurat sehingga tim lawan bisa merebut keunggulan di gim pertama dengan skor 21-13.

Greysia/Apriyani yang hanya membutuhkan satu gim kemenangan untuk memastikan lolos ke semifinal malah keteteran di laga ini.

Pasangan ganda putri, Greysia/Apriyani dikalahkan pasangan Malaysia
Pasangan ganda putri, Greysia/Apriyani dikalahkan pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Badminton Photo)

Di awal gim kedua, Greysia/Apriyani sempat tertinggal 0-4 dari Kuan/Yean.  Unggulan pertama di BWF Tour Finals ini harus berjuang keras usai tertinggal 6-11 di interval gim kedua.

Serangan yang dilancarkan Greysia/Apriyani mampu diantisipasi dengan baik oleh Kuan/Yean. Sementara Greysia/Apriyani kerap kewalahan saat membalikkan serangan lawan.

Ganda putri Indonesia sempat memangkas jarak 12-14 lewat smash keras Greysia memanfaatkan bola tanggung.

Namun, Kuan/Yean tampil impresif kali ini dan berhasil menjauh dan menutup kemenangan dengan skor 21-17.

"Hari ini kami tampil bagus dan menjaga lawan kami di bawah tekanan. Kami tidak membuat kesalahan yang mudah dan kami bermain poin demi poin untuk mengalahkan mereka. Itu adalah pertandingan reli yang panjang dan kami fokus pada kok. Kami tidak berpikir. tentang menang atau kalah, kami hanya ingin menekan mereka [Polii / Rahayu] pada smash dan rotasi kami,"  ujar Chow Mei Kuan usai pertandingan dikutif dari BWF.

Baca juga: Tiga Wakil Indonesia Akan Saling Bunuh Dengan Tiga Wakil Malaysia Di BWF Final

Baca juga: Pasangan Hafiz/Gloria Dan Praveen/Melati Buka Peluang Lolos Dari Penyisihan Grup BWF Final

"Lawan kami sangat bagus dalam bertahan. Kami membiarkan mereka (Polii/Rahayu) menyerang lebih dulu dan melakukan serangan balik dan itulah cara kami mencetak beberapa poin. Kami melakukannya dengan baik di pertandingan pertama, kami menahan dengan ketat dan terus menekan mereka. Keyakinan kami tinggi setelah kemenangan di pertandingan pertama. Saya pikir kami perlu melatih mental kami untuk semifinal. Tidak ada kepastian 100 persen. Semangat kami adalah untuk tidak pernah menyerah," tambah Lee Meng Yean.

Kekalahan dari ganda Malaysia jadi blunder dan membuat Greysia/Apriyani tersingkir.  Grup A meloloskan dua pasangan ke semifinal yaitu wakil Korea Selatan, Soo He Lee/ Seung Chan Shin dan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia)

Pasangan Greysia/Apriyani walaupun sama-sama menang dua kali dan kalah sekali, tapi kalah head to head dari Kuan/Yen dan Lee/Shin. 

Hasil pertandingan penyisihan grup A ini dihitung berdasarkan Jumlah kemenangan
Head to head, Jumlah gim Head to head dan Jumlah poin Head to head. 

Posisi pertama grup A ditempati Soo He Lee/ Seung Chan meraih total poin 140-124, kemudian Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean di posisi kedua dengan total poin 126- 124, posisi ketiga ditempati Greysia Polii/Apriyani dengan total poin 136-122. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved