Breaking News:

Berita Depok

Gara-gara Sampah, Wali Kota Depok Mohammad Idris Rapat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gara-gara Sampah, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, rapat dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Wartakotalive/Vini Rizki Amelia
Gara-gara Sampah, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, rapat dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Gara-gara Sampah, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, rapat dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menumpuknya sampah di Kali Baru turut ditanggapi Wali Kota Depok, Mohammad Idris, yang mengatakan penanganan sampah harus dilakukan secara simultan dan kerja sama seluruh pihak.

Sebab, hal itu penting dilakukan guna mencegah terjadinya penumpukan sampah di lokasi tertentu seperti yang terjadi di Kali Baru, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

"Timbunan sampah di Kali Baru yang saat ini tengah ditangani dinas terkait menjadi contoh bahwa penanganan sampah harus dikerjakan secara simultan," paparnya saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (29/1/2021).

Menurut Idris, penyebab utama tumpukan sampah tak lain dari perilaku masyarakat yang kurang kesadaran dalam menjaga lingkungan khususnya dalam membuang sampah.

Tumpukan sampah ini juga menambah persoalan yang dialami selain adanya penyempitan saluran air akibat endapan pasir maupun lumpur di kali.

"Saluran air mampet dan musim hujan tiba, tumpukan sampah tidak bisa kita hindari. Untuk itu, pemilahan sampah dari sumbernya, perlu digencarkan kembali," ujarnya.

Baca juga: Pemuda yang Mau Tusuk Imam Masjid di Depok Belajar Ilmu Aneh Saat Kuliah di Jepang

Demi meminimalisir akibat dari kurang sadarnya masyarakat dalam menjaga kebersihan utamanya kebersihan kali, Idris mengaku telah membangun komunikasi dengan sejumlah kota penyanggah lainnya termasuk DKI Jakarta.

Hal ini diakui Idris perlu dilakukan sebagai langkah dalam mencegah terjadinya musibah seperti banjir serta pencemaran lingkungan.

"Sudah kami bahas dalam rapat yang diketuai Gubernur Jakarta beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan ada solusi untuk penanganan sampah, khususnya di wilayah perbatasan," tuturnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved