Breaking News:

Virus Corona

Wali Kota Depok Mohammad Idris Donorkan Plasma Konvalesen, Sempat Ragu Karena Umur

Wali Kota Depok Mohammad Idris Donorkan Plasma Konvalesen, Sempat Ragu Karena Umur. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

istimewa
Wali Kota Depok Mohammad Idris akhirnya menjadi pendonor plasma konvalesen yang ditujukan untuk membantu para pasien penderita Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Setelah sebelumnya dilakukan pengambilan contoh atau sampel darah sebagai proses dari skrining sebelum menjalani donor plasma konvalesen.

Wali Kota Depok Mohammad Idris akhirnya menjadi pendonor plasma konvalesen yang ditujukan untuk membantu para pasien penderita Covid-19.

Pendonoran ini dilakukan lantaran Idris diketahui pernah terpapar Covid-19 pada akhir November lalu atau saat tengah menjalani tahapan kampanye dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Depok 2020.

Sebelum melakukan donor plasma konvalesen, calon pendonor termasuk Idris harus memenuhi persyaratan lebih dahulu diantaranya pernah terpapar Covid-19, belum pernah hamil, berusia di bawah 60 tahun dan lainnya.

Baca juga: Polisi Bubarkan Kerumunan di Lokasi Syuting Film Ikatan Cinta, Ini Kata Kapolres Bogor

Dengan persyaratan ini, Idris mengaku dirinya sempat ragu untuk bisa lolos sebagai pendonor plasma konvalesen..

"Saya pun sebelumnya terus terang ragu (menjadi pendonor), karena usia saya di bulan Juli tahun ini, 60 tahun,"

"Makanya saya minta di skrining, dilihat keputusan di sana (PMI Pusat) nanti, ternyata saya dibolehkan untuk donor," papar Idris seusai menjalani donor plasma konvalesen di Gedung PMI Kota Depok, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/1/2021).

Untuk donor plasma konvalesen, Idris memaparkan banyak faktor yang harus memenuhi kriteria agar plasma konvalesen yang didonorkan benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya.

"Imunitas tubuh kita, nutrisi pada tubuh kita juga sangat berpengaruh dalam proses donor ini. Jadi, jangan khawatir, kita serahkan pada pakarnya," tutur Idris.

Dengan menjadi pendonor plasma konvalesen, Idris mengajak masyarakat khususnya warga Kota Depok dan para aparatur sipil negara (ASN) yang memenuhi persyaratan, untuk bersedia menjadi pendonor.

Baca juga: Gelandang Persita Redi Rusmawan Namai Putrinya Arabella Rusmawan

Sebab, kata Idris, dengan melakukan donor plasma konvalesen bisa menjadi cara untuk berbagi kepada sesama dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan Covid-19.

Idris pun meminta warga untuk khawatir dalam menjalani proses pendonoran plasma konvalesen karena semua dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam hal ini PMI Kota Depok dan tenaga medis.

"Sekali lagi saya mengimbau, meminta kepada seluruh warga masyarakat agar bisa menyumbangkan darahnya atau berdonor untuk kepentingan saudara-saudara kita yang tengah mengalami sakit atau terpapar Covid-19," 

"Semoga apa yang kita lakukan ini bagian dari amal bakti kita kepada bangsa dan negara, dan tentunya amal soleh kita di mata Allah Subhanallahu Wa Ta'ala," ujarnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved