Breaking News:

Berita Bekasi

Pengembang Kota Bintang Sangkal Banjir Kolong Tol JORR karena Salah Desain Saluran Air

Dituding jadi penyebab terjadinya banjir di kolong Tol JORR, pengembang Grand Kota Bintang yakni PT Kota Bintang Rayatri membantah.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Hertanto Soebijoto
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Banjir di kolong Tol JORR Jalan KH Noer Ali, Kalimalang, Kota Bekasi, Selasa (25/2/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI BARAT -- Pengembang Grand Kota Bintang yakni PT Kota Bintang Rayatri membantah bahwa pihaknya menyebabkan banjir di kolong Tol JORR akibat kesalahan pembangunan desain.

"Jadi gini, ini kan mengenai banjir di kolong jalan tol, kemarin kami sudah jelaskan kalau banjir di kolong jalan tol bukan karena kali Kota Bintang. Tapi karena cekungan, coba foto kolong jalan tol itu, kan emang cekung. Sedangkan atapnya ada fly over tol," kata Suryadi Manajemen PT Kota Bintang Rayatri saat dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Ia juga menegaskan bahwa terdapat banyak sampah yang menyumbat saluran sehingga menyebabkan air tertahan dan meluap saat hujan.

Video: Viral, Masjid di Kalimantan Selatan Terendam Banjir Tapi Airnya Jernih

"Pemkot Bekasi juga menyatakan ada sampah. Sebenarnya ada spanduk yang nyangkut di situ. Antara banjir di kolong jalan tol lain," ungkapnya.

Suryadi juga membantah apabila pembangunan kawasan Grand Kota Bintang sapah desain hingga menyebabkan Kali Cakung menyempit dan kerap kali menyebabkan banjir.

"Bukan (karena kali menyempit). Sementara yang kita kasih jawab itu. Walaupun itu bukan di luar kita, tapi karena Pak Menteri datang, jadi kita ikuti arahan dari pemkot," kata Suryadi.

Baca juga: Aliran Kali Cakung Menyempit di Kota Bintang Jadi Penyebab Banjir Kolong Tol JORR

Baca juga: Terkuak, Penyempitan Sungai di Grand Kota Bintang Jadi Pemicu Banjir Kolong Tol JORR Kalimalang

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengatakan, banjir yang terjadi di underpass Jalan Tol JORR segmen Kalimalang, Bekasi, disebabkan penyempitan Sungai Cakung.

"Terjadi penyempitan sungai karena developer (pengembang) Grand Kota Bintang membangun tidak sesuai standarnya, harusnya badan sungai tidak boleh berkurang sama sekali," kata Sofyan saat mengunjungi Grand Kota Bintang, Bekasi, Rabu (27/1/2021) lalu.

Penyebab Banjir Kolong Tol JORR

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved