Sport

Lebih dari Satu Dekade Menjadi Seorang Penyalur Pemain dan Pelatih, Mochammad Diaz Punya Trik Khusus

Mochammad Diaz adalah pria yang aktif sebagai penyalur pemain atau pelatih sejak 2006, tetapi dia enggan disebut sebagai agen pemain dan pelatih.

Warta Kota
Mochammad Diaz, penyalur pemain dan pelatih sepak bola di Indonesia sejak tahun 2006. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Mochammad Diaz adalah pria yang aktif sebagai penyalur pemain atau pelatih sejak 2006, tetapi dia enggan disebut sebagai agen pemain dan pelatih.

Hal itu membuat pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai guru itu jarang terekspos oleh media.

Padahal, Mochammad Diaz dikenal luas di kalangan pemain serta pelatih di sepak bola Indonesia.

Nama-nama seperti I Gede Sukadana, Abdul Rahman, Wawan Hendrawan, Cucu Hidayat, Raja Isa, Kas Hartadi, bahkan ratusan nama lainnya pernah ia bantu sejak 2006.

Lantas, bagaimanakah dirinya melihat pemain atau pelatih sebelum menyalurkannya ke sebuah klub?

"Yang utama, saya melihat dari sisi sikap. Ini penting, karena jika dia ada masalah nantinya di tim seperti tidak disiplin atau lain-lain, secara tidak langsung akan merusak nama baik saya juga," kata Mochammad Diaz kepada Warta Kota saat ditemui di Tangerang, baru-baru ini.

Mochammad Diaz bersyukur, sejak 2006, pemain yang ia bawa tidak pernah melakukan tindakan di luar batas di klubnya masing-masing.

Hal itu pula yang membuat dirinya sering dipercaya dan dekat dengan petinggi klub seperti Persita Tangerang, Borneo FC, Persela Lamongan, Persib Bandung, dan klub peserta Liga 1 atau Liga 2 lainnya.

Mochammad Diaz menjelaskan bahwa sebelum kompetisi mulai, biasanya para pemain atau pelatih yang akan disalurkan berkumpul di kediamannya dan berlatih bersama.

Mochammad Diaz pun memantau serta mencarikan klub, dimana bagi pemain dengan tipikal keras akan disalurkan ke wilayah timur, sedangkan pemain yang kuat di teknik akan disalurkan ke wilayah barat.

"Lewat latihan saya bisa tahu karakter mereka dan tim mana yang cocok untuk mereka berlabuh. Paling enak jika pelatih yang langsung meminta saya yang mencarikan pemain," tutup Mochammad Diaz.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved