Breaking News:

Destinasi

Sandiaga Uno: Desa Wisata Jadi Jawaban Tantangan Wisata Berkelanjutan

Virtual tour ini akan ditayangkan secara daring di kanal youtube Pesona Indonesia, setiap Sabtu dan Minggu, mulai 30 Januari hingga 28 Februari 2021

Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual 'Virtual Indonesia: Surga Yang Tersembunyi', Rabu (27/1/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut pengembangan desa wisata dapat menjadi jawaban tantangan wisata berkelanjutan.

Hal ini sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Menurutnya, potensi ini dapat dikembangkan melalui peningkatan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) serta ekonomi kreatif warga di desa tersebut.

Baca juga: Donor Plasma Darah, Menparekraf Sandiaga Uno Sambangi PMI DKI dengan Berlari

"Desa wisata yang berbasis komunitas atau community based tourism juga dapat menjadi jawaban atas tantangan wisata berkelanjutan, dengan meningkatkan kapasitas Sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat lokal sekitarnya yang terlibat," ujar Sandiaga, dalam konferensi pers virtual 'Virtual Indonesia: Surga Yang Tersembunyi', Rabu (27/1/2021).

Ia pun menilai pengembangan ekosistem desa wisata ini memiliki potensi yang sangat baik di masa depan.

Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi virus corona (Covid-19), namun ia optimis akan lahir 244 desa wisata yang maju, mandiri dan tersertifikasi pada 2024.

Baca juga: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan Berkantor di Bali Demi Pemulihan Pariwisata

"Karena itulah Kemenparekraf mendukung pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia, kita dukung all out ya desa wisata," kata Sandiaga.

Sandiaga menekankan bahwa pemerintah melalui Kemenparekraf mengusung konsep pentahelix untuk mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Konsep ini menggabungkan sinergi antara pemerintah, akademisi, pengusaha, masyarakat atau komunitas serta media.

Baca juga: Buka Lapangan Pekerjaan, Sandiaga Uno Gandeng Dekranasda Kota Batam Kembangkan Batik Batam

"Ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus terus dikembangkan dengan konsep kolaborasi pentahelix," jelas Sandiaga.

Halaman
12
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved