Breaking News:

Pandemi Virus Corona

Pengusaha Kadin Ungkap Sektor Pertanian Masih Tumbuh di Tengah Pandemi Virus Corona

Wakil Ketua Umum Kadin, Franky O Widjaja, menyatakan pandemi Covid-19 ibarat dua sisi koin yang berbeda untuk sektor pangan.

Dok. Humas Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencoba penggunaan mesin pertanian dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu. Sektor pertanian menjadi alternatif penopang ekonomi nasional di tengah pandemi virus corona ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Franky O Widjaja, menyatakan pandemi Covid-19 ibarat dua sisi koin yang berbeda untuk sektor pangan. 

Karena dapat meningkatkan ekspor sekaligus berupaya mengurangi ketergantungan pada produk pangan impor. 

Menurut Franky, sektor pertanian nasional yang menopang produk pangan mengalami pertumbuhan di tengah pandemi. 

“Di satu sisi, hampir seluruh sektor industri mengalami pelambatan. Namun, pada sisi yang lain, sektor pertanian justru tumbuh di atas dua persen,” ujarnya dalam webinar "Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021" yang diselenggarakan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Rabu (27/1/2021). 

Franky menjelaskan, pengusaha mengapresiasi langkah pemerintah yang sejak menyatakan terjadinya pandemi, tetap mengizinkan sektor industri beraktivitas. 

Aktivitas dilakukan dengan pembatasan serta penerapan protokol kesehatan ketat, sehingga gerak perekonomian dapat tetap terjaga. 

“Sektor pangan dan industri pengolahannya yang mempekerjakan lebih dari 55 juta orang dari keseluruhan 128 juta pekerja di negeri ini mampu terus bertumbuh. Berkontribusi terhadap perolehan GDP," pungkas Franky. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved