Breaking News:

Antisipasi Pilkada Jadi Digelar 2022, DPRD Wanti-wanti Pemkab Bekasi Siapkan Anggaran Darurat

"Saya pikir DPR RI yang membahas RUU Pemilu ini seharusnya juga memahami untuk tidak memunculkan Undang Undang yang sifatnya dadakan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG --- Sebagai langkah antisipasi Pilkada Kabupaten Bekasi tetap digelar pada 2022, pihak DPRD Kabupaten Bekasi telah menggelar rapat dengar pendapat dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi.

Rapat itu membahas mekanisme persiapan serta penganggaran jika diputuskan dilaksanakan pada 2022.

"KPU dan Bawaslu sudah siap saya rasa, kita juga sudah bahas dengan pemerintah daerah, bagaimana nantinya persiapan anggaran itu. Makanya itu keputusannya harusnya segera jangan mendadak," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini, di Cikarang, pada Selasa (26/1/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga telah mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan anggaran darurat untuk mengantisipasinya.

Pasalnya, KPU dan Bawaslu tidak bisa mengajukan anggaran dikarenakan belum ada legal formal terkait pelaksanaan Pilkada 2022.

"Pemerintah daerah harus tetap siapkan anggaran yang bersifat antisipasi jika Pilkada digelar di 2022, bisa tersimpan di BTT (belanja tak terduga). Tapi ya sulit ya, maka itu kami minta dibatalkan pembahasan atau revisi itu," tandasnya.

Maka, kata Ani, pihak DPRD meminta keputusan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tidak mendadak.

Sebab dirinya menyayangkan adanya pembahasan revisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, bahkan masuk dalam agenda Prolegnas 2021.

Dalam revisi itu diwacanakan Pilkada 2022 tetap dilaksanakan sesuai masa habis jabatan.

Ia berharap agar DPR RI tidak tidak mengeluarkan Undang-undang yang bersifat mendadak tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved