Breaking News:

Banjir Jakarta

Aliran Kali Cakung Menyempit di Kota Bintang Jadi Penyebab Banjir Kolong Tol JORR

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menjelaskan, terdapat permasalahan menyempitnya aliran Kali Cakung sehingga kawasan tersebut sering tergenang.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Menyempitnya aliran Kali Cakung di Kota Bintang jadi penyebab banjir kolong Tol JORR, Rabu (27/1/2021). Foto dok: Tanggul Kali Cakung di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi, kembali jebol. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI BARAT -- Kolong Tol JORR di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang, Bekasi Barat, sering kali tergenang cukup tinggi di kala hujan, hingga menyebabkan lumpuhnya akses jalan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto beberapa hari lalu, mendampingi Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, ke lokasi tersebut.

Ia menjelaskan, terdapat permasalahan menyempitnya aliran Kali Cakung sehingga kawasan tersebut sering tergenang.

Video: BPBD DKI Jakarta Lakukan Kegiatan Perakitan Ban Dalam Antisipasi Musim Hujan

"Jadi kita memang Kali Cakung yang selalu tiap kali ujan itu terjadi banjir dan meluap. Nah salah satunya adalah ternyata di Kota Bintang ada terjadi penyempitan," kata Tri saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Pembahasan tersebut telah sampai ke tingkat nasional, seiring terdapat rencana pembenahan Kali Cakung secara komprehensif dari hulu ke hilir, guna menuntaskan masalah banjir.

"Kalau dari pak dirjen itu kan terkait dengan simplikasi kementerian juga dengan tata ruang. Makanya, kemudian ada pembahasan mulai dari hulu sampai ke hilir. Tentunya ada upaya jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang," ucapnya.

Baca juga: Usai Donor Plasma Konvalesen Covid-19, Menparekraf Sandiaga Uno: Rasanya Seperti Iron Man

Baca juga: Donor Plasma Darah, Menparekraf Sandiaga Uno Sambangi PMI DKI dengan Berlari

Rencana jangka pendek yang akan dilakukan yakni melakukan pengerukan kali sehingga tingkat sedimentasi berkurang dan volume daya tampung kali bertambah.

Pemkot Bekasi nantinya juga akan melakukan pelebaran sisi sungai pada rencana jangka panjang.

"Kami juga akan melebarkan yang ada di sungai di Kali Cakung persisnya di Kota Bintang yang sekarang hanya 3 meter kemudian nanti bisa 6-7 meter," tutur Tri. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved