Tujuh Desa dan Satu Kelurahan di Kecamatan Tambun Selatan Ini Segera Dibangun Sumur Resapan

Sebanyak 1.000 sumur resapan direncanakan dibangun di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi,

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Repro Kompas
Sumur injeksi dan sumur resapan. 

WARTAKOTALIVE.COM, TAMBUN SELATAN --- Sebanyak 1.000 sumur resapan direncanakan dibangun di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Rencana itu telah diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Camat Tambun Selatan, Junaefi mengungkapkan pembangunan sumur resapan sebagai upaya pengendalian banjir di wilayah langganan banjir tersebut.

1.000 sumur resapan itu akan dibangun di tujuh desa dan satu kelurahan.

Tujuh desa itu yakni Sumberjaya, Lambangsari, Setiadarma, Setiamekar, Tridaya Sakti, Mangunjaya, dan Mekarsari. Untuk satu kelurahan yakni Jatimulya.

"Hampir semua desa/ kelurahan kita rencanakan buat sumur resapan. Kecuali desa Lambangjaya saja tidak, karena itu daratan tinggi tidak ada genangan," katanya, pada Selasa (26/1/2021).

Ia menerangkan pembangunan sumur resapan itu telah diusulkan dalam rencana pembangunan tahun 2021.

Tahun 2020 lalu, ada beberapa umur resapan yang dibangun di wilayahnya.

"Alhamdulillah, sumur resapan sudah dibuat tahun 2020, cuman kan terbatas ya. Kita kan minta diperbanyak pada 2021 mau kita 1.000 titik," ungkapnya.

Menurut Junaefi, adanya sumur resapan ini dapat meminimalisir terjadi genangan maupun banjir. Pasalnya, genangan akibat air hujan itu dapat menyerap ke dalam tanah.

"Kalau banyak lubang-lubang air sumur resapan itu kan airnya masuk, jadi mengurangi genangan lalu debit air yang menuju ke sungai kan sudah berkurang," jelas dia.

Selain itu, lanjut Junaefi, saat musim kemarau sumur resapan itu dapat menjadi sumber cadangan air tanah.

"Sangat bermanfaat, kalau masuk musim kering, jadi cadangan air tanah juga kan ya. Maka ini saya dorong agar dapat terealisasi," paparnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menghimbau warga untuk membangun sumur resapan di depan rumahnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved