Virus Corona

Pejabat Kesehatan Minnesota Temukan Kasus Covid-19 Pertama di AS yang Berasal dari Brasil

Varian baru Covid-19 yang berasal dari Brasil, terdeteksi oleh Departemen Kesehatan negara bagian Minnesota AS dan disebut sangat menular.

aljazeera.com
Departemen Kesehatan Minnesota AS telah mendeteksi varian baru virus corona (Covid-19) yang berasal dari Brasil, Senin (25/1/2021). Foto dok: Presiden Brasil Jair Bolsonaro memakai masker saat menjelaskan kepada wartawan bahwa ia terinfeksi corona, Selasa (7/7/2020). Setelah itu ia pergi seraya melepas maskernya. 

WARTAKOTALIVE.COM, MINNESOTA - Departemen Kesehatan negara bagian Minnesota (MDH) Amerika Serikat (AS) mengumumkan pada hari Senin kemarin bahwa mereka telah mendeteksi varian baru virus corona (Covid-19) yang berasal dari Brasil.

Virus ini tersebar di Brasil dalam beberapa pekan terakhir dan disebut sangat menular.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (26/1/2021), kasus ini merupakan kasus yang pertama kali terdeteksi di AS dan terjadi pada hari yang sama saat Presiden AS Joe Biden memperpanjang kebijakan pembatasan perjalanan bagi wisatawan dari beberapa negara, termasuk Brazil.

Video: Bupati Bogor Ade Yasin, Vaksin Covid-19 Tiba di Kabupaten Bogor

Padahal kebijakan ini hendak diakhiri oleh Presiden AS sebelumnya, Donald Trump dalam perintah eksekutifnya saat menit-menit terakhir masa pemerintahannya.

Menurut rilis berita yang beredar pada Senin kemarin, MDH mendeteksi varian Brazil P.1 dalam spesimen dari warga Minnesota dengan riwayat baru saja melakukan perjalanan ke Brazil.

Orang tersebut dilakukan tes pada 9 Januari lalu dan telah diisolasi sejak saat itu.

Baca juga: Mulai Hari Ini Selasa 26 Januari 2021 PPKM Tangerang Raya Diperpanjang, Begini Aturannya

Baca juga: UPDATE Kasus Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya: Diprediksi Capai 11.000 Pasien di Akhir Tahun 2021

Pada hari Minggu lalu, mantan Komisaris Makanan dan Obat-obatan AS Dr Scott Gottlieb mengatakan bahwa ia 'cukup yakin' strain P.1 sudah tersebar di AS.

"Saya pikir kita harus menganggapnya ada di sini. Dan saya merasa cukup yakin bahwa virus itu ada di sini dan kami belum mendeteksinya," kata Gottlieb kepada CBS Face the Nation.

Ia mencatat, pejabat AS mulai melakukan penelusuran terkait varian baru virus ini sejak beberapa pekan lalu.

Sementara itu pada pekan lalu, Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang mencabut pembatasan perjalanan yang diberlakukan kepada wisatawan dari Brazil, Inggris, dan Uni Eropa (UE) yang efektif berlaku pada 26 Januari 2021.

Baca juga: Rumah Tangga Hancur karena Orang Ketiga, Anita Hara: Suami Saya Lebih Pilih Kuntilanak Pelakor

Namun setelah Biden menjabat pada 20 Januari 2021, pemerintahannya secara cepat membalikkan langkah tersebut.

Bahkan Biden menambahkan Afrika Selatan (Afsel) ke daftar pembatasan itu, setelah varian baru Covid-19 terdeteksi di Afsel.

Di Brazil, strain yang sangat menular ini telah menambahkan serangkaian malapetaka baru pada wabah pandemi yang tidak terkendali di negara itu.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved