Breaking News:

Tol Desari

Jelang Sidang Gugatan Tommy Soeharto Soal Lahan Terkena Proyek Tol Desari, Ini Kata Pengamat

Jelang sidang gugatan Tommy Soeharto soal lahan terkena proyek Tol Desari, Ini kata pengamat.

Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Jelang sidang gugatan Tommy Soeharto soal lahan terkena proyek Tol Desari, Ini kata pengamat. 

WARTAKOTALIVE.COM,  DEPOK - Jelang Sidang Gugatan Tommy Soeharto Soal Lahan Terkena Proyek Tol Desari. Ini kata pengamat.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, menilai, gugatan yang dilayangkan putra bungsu mantan Presiden Soeharto Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto seharusnya tidak perlu terjadi.

Menurut Nirwono, gugatan ganti rugi penggusuran aset atas proyek pembangunan jalan tol Depok-Antasari (Desari) sejak awal semestinya dibicarakan secara baik-baik antara pihak Tommy dan pemerintah.

"Seperti rencana pembangunan jalan termasuk pelebaran jalan yang akan mengambil lahan di kiri kanan jalan eksisting antasari. Termasuk lokasi kantor Tommy," kata Nirwono saat dihubungi Tribunnews, Selasa (26/1/2021).

Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan ini menuturkan bahwa negosiasi harga pembebasan lahan yang terdampak pelebaran jalan juga sudah harus selesai sebelum pembangunan proyek tol Desari.

"Jadi bukan mengabaikan, menunda, apalagi menggampangkan permasalahan," tukasnya.

Nirwono menambahkan bahwa agar pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek Desari harus bertanggung jawab dan menyelesaikan masalah tersebut secepatnya menyepakati harga pembebasan dan segera dibayarkan.

"Harus diselesaikan (pembayaran negosiasi harga) sebelum persoalan ini berkembang kemana-mana (konflik politik)," imbuh dia.

Baca juga: Nur Azizah: Warga Depok Patut Bangga dengan UIII, Pertama di Indonesia, Jadi Magnet Peradaban Islam

Diketahui, Tommy yang juga tercatat pendiri grup usaha Humpuss (HITS) ini selain meminta ganti rugi, dia juga meminta proyek jalan tol ini dihentikan sampai ada putusan tetap pengadilan.

Tommy mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 35/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL pada 12 November 2020 lewat pengacaranya Victor Simanjutak.

Halaman
123
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved