Breaking News:

Virus Corona

Jam Operasional Tempat Usaha Diperpanjang, Wagub DKI: Permintaan Pelaku Usaha

Jam Operasional Tempat Usaha Diperpanjang, Wagub DKI: Permintaan Pelaku Usaha. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Istimewa/Dok PPID DKI Jakarta
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memperpanjang jam operasional tempat usaha selama satu jam mulai Selasa (26/1/2021) sampai Senin (8/2/2021) mendatang. Kebijakan ini diiringi dengan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama dua pekan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pada PSBB sebelumnya jam operasional tempat usaha dibatasi sampai pukul 19.00. Namun saat perpanjangan PSBB kali ini, jam operasional mereka diperpanjang menjadi pukul 20.00.

“Itu (perpanjangan jam operasional) permintaan dari teman-teman pelaku usaha,” kata Ariza di Balai Kota DKI pada Senin (25/1/20210).

Ariza mengatakan, antara kebijakan PSBB dua minggu sebelumnya dengan PSBB kali ini sebetulnya tidak banyak perubahan. Perbedaannya hanya pada perpanjangan jam operasional di tempat usaha seperti restoran, mal, kafe, rumah makan dan sebagainya.

Baca juga: Lagi, Pemain Asing Persita Tangerang Memilih Hengkang

“Tidak banyak perubahan terkait kebijakan hanya memperpanjang jam operasional saja. Itu mempertimbangkan permintaan dari mal, restoran dan pelaku usaha untuk dimungkinkan adanya jam makan malam,” ujar Ariza.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang jam operasional tempat usaha di Ibu Kota selama satu jam sejak hari Selasa (26/1/2021) sampai Senin (8/2/2021). Kebijakan ini tercantum dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 51 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh, kebijakan ini berlaku untuk warung makan, rumah makan, kafe, restoran, pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan dan lokasi sementara hingga pusat perbelanjaan/mal. Dua minggu sebelumnya atau Senin (11/1/2021) sampai Selasa (25/1/2021), jam operasional tempat usaha itu hanya sampai pukul 19.00, sekarang menjadi pukul 20.00.

“Makan/minum di tempat sebesar 25 persen. Dine-in sampai dengan pukul 20.00,” kata Anies yang dikutip dalam Kepgub tersebut pada Senin (25/1/2021).

Kemudian untuk layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran. “Pusat perbelanjaan/mal pembatasan jam operasional sampai pukul 20.00,” ujarnya.

Baca juga: PPKM Diperpanjang Penyemprotan Disinfektan Terus Dilakukan di Kota Tangerang

Kebijakan yang dikeluarkan Anies ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Nomor 2 tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kebijakan ini berlaku selama dua pekan dari Selasa (26/1/2021) sampai Senin (8/2/2021).

Adapun Anies Baswedan kembali memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama dua pekan dari Selasa, 26 Januari sampai Senin, 8 Februari 2021. Perpanjangan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 51 Tahun 2021 terkait Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah.

Keputusan tersebut juga didasari dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terkait laju pertambahan kasus aktif di Jakarta dalam dua minggu terakhir yang masih tinggi. Kasus aktif pada 11 Januari 2021 sebanyak 17.946 dengan jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta sebanyak 208.583 kasus. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved