Breaking News:

Investasi

Gantikan JASICA, BEI Sebut Indeks Sektoral IDX-IC Bantu Pengelolaan Dana Manajer Investasi

Indeks IDX-IC nantinya akan menggantikan 9 indeks sektoral saat ini yang mengacu pada Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).

thinkstockphotos
ILUSTRASI Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks sektoral baru IDX Industrial Classification (IDX-IC) bakal menggantikan 9 indeks sektoral saat ini yang mengacu pada Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA). 

"Penyempurnaan klasifikasi ini juga dapat memberikan peluang bagi manajer investasi untuk penciptaan produk baru seperti reksa dana maupun Exchange Traded Fund (ETF) berbasis sektor..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks sektoral baru IDX Industrial Classification (IDX-IC) yang dihitung menggunakan metode market capitalization weighted sejak hari dasarnya pada tanggal 13 Juli 2018 dengan nilai awal 1.000.

Indeks IDX-IC nantinya akan menggantikan 9 indeks sektoral saat ini yang mengacu pada Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo mengatakan, implementasi IDX-IC diharapkan dapat membawa manfaat bagi perusahaan tercatat.

"Khususnya, dalam melakukan perbandingan performa dengan perusahaan-perusahaan lain yang semakin homogen," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Mulai Hari ini, BEI Implementasikan Klasifikasi Sektor Saham Baru IDX-IC

Baca juga: Ini 12 Klasifikasi Sektor Baru IDX-IC di Bursa Efek Indonesia yang Berlaku Mulai Hari Ini

Sementara bagi investor, IDX-IC diharapkan dapat dijadikan panduan untuk melakukan analisis yang lebih akurat dan detail.

"Terutama, terkait perbandingan sektoral yang lebih relevan dalam menentukan keputusan investasi," tuturnya.

"Penyempurnaan klasifikasi ini juga dapat memberikan peluang bagi manajer investasi untuk penciptaan produk baru seperti reksa dana maupun Exchange Traded Fund (ETF) berbasis sektor yang pada akhirnya juga dapat memperluas basis investor di pasar modal Indonesia," papar Laksono.

Baca juga: Mau Profit saat Investasi Saham? Tips dari Pengusaha Ini Bisa Diikuti

Baca juga: Tawarkan Kemudahan Berinvestasi Properti, Modernland Realty Luncurkan Channel Sales CariPro

Adapun kode klasifikasi IDX-IC yang terdiri dari 4 digit dapat menunjukkan secara sekaligus 4 tingkat klasifikasi IDX-IC.

Digit pertama menunjukkan sektor dan dituliskan dengan abjad (A-Z).

Selanjutnya, digit kedua menunjukkan subsektor, lalu digit ketiga menunjukkan Industri, dan digit keempat menunjukkan subindustri.

Digit kedua hingga keempat akan dituliskan dengan angka 1 sampai 9. 

(Yanuar Riezqi Yovanda/Tribunnews.com)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved