Amerika Serikat

Senator Partai Republik: Sidang Pemakzulan Kedua Trump Dapat Picu Lebih Banyak Pemakzulan

Senator dari Partai Republik memperingatkan persidangan pemakzulan kedua mantan Presiden Donald Trump dapat menyebabkan lebih banyak kasus pemakzulan

istimewa
Ilustrasi - Aki pendukung Donald Trump menduduki Capitol Hill menjadi sebab Trump dimakzulkan DPR untuk kedua kalinya 

Wartakotalive.com - Seorang Senator Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik memperingatkan persidangan pemakzulan kedua mantan Presiden Donald Trump dapat menyebabkan lebih banyak kasus pemakzulan.

Khususnya penuntutan pemakzulkan kepada mantan presiden dari Partai Demokrat, jika Partai Republik merebut kembali parlemen dalam dua tahun.

“Bagaimana dengan mantan Presiden Demokrat ketika Partai Republik merebut mayoritas kursi pada 2022? Pikirkan tentang hal itu dan mari kita lakukan apa yang terbaik untuk negara ini," ujar Senator John Cornyn, seorang veteran Senat 19 tahun, dalam cuitannya di Twitter yang ditujukan kepada Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, seperti dilansir Reuters, Minggu (24/1/2021).

Trump bulan ini menjadi presiden AS pertama yang dimakzulkan dua kali setelah DPR yang dikuasai Demokrat, ditambah dukungan 10 anggota Partai Republik.

DPR mendakwa Trump melakukan penghasutan terhadap para pendukungnya saat berpidato pada 6 Januari lalu sehingga memicu penyerbuan gedung Capitol.

Lima orang meninggal dalam penyerbuan para pendukung Trump di gedung Capitol.

Saat penyerbuan pendukung Trump, anggota parlemen dari dua pihak baik Demokrat dan Republik mengutuk serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Kongres.

Saat itu parlemen sedang bersidang untuk meresmikan kemenangan Presiden Joe Biden.

Partai Demokrat memegang mayoritas kursi di DPR dan Senat, dan adalah umum bagi partai presiden petahana kehilangan kursi dalam pemilihan jangka menengah dua tahun setelah kontestasi presiden.

Ada kekhawatiran di kedua sisi bahwa persidangan Trump dapat mengalihkan perhatian dari agenda legislasi Biden.

Schumer, yang menjadi pemimpin mayoritas Senat, mengatakan persidangan pemakzulan Trump akan dimulai Minggu (8/2/2021).

Hal itu akan memberi kedua belah pihak waktu untuk mempersiapkan sementara Senat bekerja untuk mengonfirmasi para Calon Kabinet Biden dan memberlakukan paket bantuan Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Senator Partai Republik: Sidang Pemakzulan Kedua Trump Dapat Picu Lebih Banyak Pemakzulan

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved