Breaking News:

Berita Depok

Kasus Lahan Pasar Kemiri Muka, Kuasa Hukum Tantang Keberanian PN Depok Eksekusi Putusan MA

Pengadilan Negeri Depok tidak mematuhi perintah negara atas putusan MA terkait Pasar Kemirimuka

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi -- PN Depok tak patuhi putusan MA soal Pasar Kemirimuka Ratusan pedagang Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, melakukan unjuk rasa di depan Kompleks Kantor Wali Kota Depok atau Balai Kota Depok, di Jalan Margonda, Depok, Senin (26/11/2018) siang. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kuasa hukum PT Petamburan Jaya Raya, Saor Siagian menilai, Pengadilan Negeri Depok tidak mematuhi perintah negara atas putusan Mahkamah Agung (MA) terkait Pasar Kemirimuka yang dimenangkan oleh kliennya.

Semestinya, kata Saor, ketika ada putusan dari MA, maka sudah sepatutnya PN Depok menindaklanjuti keputusan dari lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan di tanah air itu.

Putusan tersebut, lanjutnya, berupa pembacaan deklarasi di Pasar Kemirimuka yang saat ini belum dilakukan oleh Pengadilan Negeri Depok dengan berbagai alasan yang tidak jelas.

Baca juga: Jenis Ular di Pasar Kemirimuka Diyakini Sebagai Siluman Dipercaya Kadang Berubah Menjadi Kuntilanak

Untuk mendapatkan alasan perihal belum juga dilaksanakannya putusan tersebut, Saor mengaku dirinya bersama tim sudah mendatangi PN Depok yang langsung diterima Kepala PN Depok.

"Dihadapan kami, Kepala Pengadilan Negeri Depok menjawab dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal," papar Saor saat dikonfirmasi Warta Kota, Jumat (22/1/2021).

Dari hasil kedatangannya ke PN Depok, Saor mengatakan pihak PN Depok beralasan kalau pembacaan deklarasi eksekusi belum dilakukan lantaran masih dalam masa pandemik Covid-19.

"Yang kami tahu, namanya hukum tidak ada liburnya semuanya harus dilakukan sesuai putusan yakni putusan Lembaga Negara," katanya.

Pandemi Covid-19 pun dilihat Saor sebagai alasan tak hanya dicari-cari PN Depok saja.

Sebab, ini bukan kali pertama PN Depok memberikan beragam alasan terkait belum juga dilaksanakannya eksekusi tersebut.

Pada tahun 2020 lalu, PN Depok dikatakan Saor tidak membacakan deklrasi eksekusi Pasar Kemirimuka lantaran tahun politik dan Depok sedang Pilkada.

Halaman
123
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved