Pilkada Tangsel

Pelantikan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Harus Tunggu Putusan Resmi Mahkamah Konstitusi

Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan harus bersabar. Sebab, mereka harus menunggu putusan MK dulu untuk menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.

Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rizki Amana
Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan harus sedikit bersabar untuk mengisi jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel, sebab harus menunggu dulu putusan MK. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan harus bersabar. Sebab, mereka harus menunggu putusan MK dulu untuk menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.

Pelaksanaan pelantikan empat kepala daerah di kabupaten/kota Banten akan dilakukan setelah tahapan gugatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

Pernyataan itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Masudi.

"Karena ini berkaitan dengan daerah-daerah yang tidak masuk dalam buku register pilkada konstitusi (BRPK) di MK. Mereka juga kan sedang menunggu itu," kata Masudi, Kamis (21/1/2021).

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel hendak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang pada Selasa (8/9/2020). Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan tahapan Pilkada Tangsel yang harus dijalani masing-masing kandidat.
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel hendak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang pada Selasa (8/9/2020). Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan tahapan Pilkada Tangsel yang harus dijalani masing-masing kandidat. (Warta Kota)

Dia menjelaskan, KPU sudah berkoordinasi dengan MK terkait pelaksanaan pelantikan para kepala daerah yang telah dinyatakan menang pada saat pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Saat ini pun, pihaknya masih menunggu kapan kepastian pelaksanaan pelantikan para kepala daerah, mengingat jarak waktu dari hasil rekapitulasi menuju penetapan pemenangan sudah selesai dilakukan.

Pelantikan sendiri akan dilakukan oleh DPRD masing-masing Kabupaten/Kota yang ada. Nantinya pelaksanaan pelantikan juga akan dibantu oleh KPU Kabupaten/Kota yang ada di empat daerah yang ada di Banten.

"Sementara waktu untuk pelantikan ada di pihak DPRD setempat yang akan mengagendakannya. Kalau kita sistemnya hanya membantu," katanya.

Terdapat dua daerah yang masuk register melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Dua daerah tersebut yakni Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang.

"Jadi dua daerah tersebut sekarang sedang mempersiapkan segala hal yang diperlukan berkaitan dengan permohonan yang diajukan," tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah selesai melakukan hitung nyata atau real count perolehan suara atas empat pemilihan kepala daerah (pilkada) yang digelar di Provinsi Banten.

Ada empat kabupaten/kota di Provinsi Banten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Empat daerah tersebut yakni Pandeglang, Serang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan.

Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad, mengukuhkan Tim Pemenangan pasangan Muhamad-Saraswati untuk Pilkada Tangsel 2020.
Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad, mengukuhkan Tim Pemenangan pasangan Muhamad-Saraswati untuk Pilkada Tangsel 2020. (Istimewa)

Berikut hasil real count Pilkada Banten 2020, yang Tribun kutip pada laman Pilkada2020.kpu.go.id:

1. Hasil real count Pilkada Kabupaten Pandeglang

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved