Breaking News:

Amerika Serikat

Hari Pertama Menjabat, Biden Akan Cabut Kebijakan Trump Soal Imigrasi, Tembok Perbatasan, hingga WHO

Biden juga berencana untuk menghentikan sejumlah kebijakan imigrasi yang telah diterapkan Trump

AP/Paul Sancya
Joe Biden resmi menjadi presiden AS per 20 Januari 2021 

Wartakotalive.com - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengeluarkan sederet perintah eksekutif pada hari pertama pemerintahannya sebagai orang nomor satu di AS.

Tim transisi Partai Demokrat mengatakan Biden akan mengembalikan kepercayaan negara itu kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memulihkan kepatuhan pada Paris Climate Accord, serta menghentikan pembangunan tembok perbatasan AS dengan Meksiko.

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (20/1/2021), salah satu perintah khususnya adalah menghentikan semua operasi konstruksi tembok yang sedang berlangsung dan memulai tinjauan legalitas pendanaan yang diperoleh melalui 'deklarasi darurat nasional'.

Setelah Trump menggunakan dana itu untuk mendanai pembangunan tembok perbatasan karena tidak mendapatkan pendanaan melalu Kongres AS, dana deklarasi darurat ini pun akan dicabut.

Biden juga berencana untuk menghentikan sejumlah kebijakan imigrasi yang telah diterapkan Trump.

Trump memang sebelumnya telah menerapkan kebijakan larangan perjalanan ke negara-negara muslim tertentu hingga penegakan hukum yang ketat terhadap imigrasi ilegal.

Pemerintahan Biden pun akan mengembalikan kepercayaan kepada WHO untuk memerangi virus corona (Covid-19).

Bagi Biden, badan kesehatan global itu dianggap sebagai entitas yang sangat penting untuk mengkoordinasikan tanggapan internasional terhadap Covid-19.

Tim Biden mengatakan bahwa delegasi AS yang dipimpin Dr Anthony Fauci akan turut ambil bagian dalam pertemuan Dewan Eksekutif WHO pada pekan ini.

Selain itu, AS di bawah pemerintahan Biden berencana untuk mereformasi organisasi tersebut bersama dengan mitra dan WHO itu sendiri.

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved