Breaking News:

Berita Video

VIDEO Warga Penjaringan Girang Dapat Duit Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah Lewat Bank DKI

Pemerintah menyalurkan BST untuk empat bulan kedepan sebesar Rp 300.000 per keluarga penerima manfaat yang diberikan langsung kepada warga melalui Ban

warta kota
Warga saat mengantre untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) keluarga penerima manfaat di SDN Penjaringan 06, Jakarta Utara, Selasa (19/1/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, PENJARINGAN - Warga terlihat antusias saat mengantre untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) keluarga penerima manfaat di SDN Penjaringan 06, Jakarta Utara, Selasa (19/1/2021).

Pemerintah menyalurkan BST untuk empat bulan kedepan sebesar Rp 300.000 per keluarga penerima manfaat yang diberikan langsung kepada warga melalui Bank DKI.

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Pemprov DKI Jakarta secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan covid-19.

BST tersebut disalurkan melalui rekening dan diberikan dalam bentuk Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI.

Pelaksanaan penyaluran BST kepada 1.055.216 penerima manfaat dilakukan mulai Januari tahun 2021 secara bertahap dan bergiliran dari satu wilayah administrasi DKI Jakarta ke wilayah administrasi lainnya. Lokasi penyaluran terdapat di 160 titik lokasi dari masing-masing wilayah kota administrasi DKI Jakarta.

Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) Pempreov DKI Jakarta menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan penerapan protokol kesehatan ketat yang dimaksud mulai dari pengecekan suhu dan penyediaan wastafel di pintu masuk,hingga pengaturan jaga jarak antarapenerima BST.

“Protokol kesehatan 3M diterapkan betul agar mencegah terjadinya klaster BST,” kata Ali, Senin (17/1/2021). Salah satunya yang dilakukan di SMKN 12, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pendistribusian mengutamakan dengan menghindari terjadinya kerumunan.

Baca juga: Airin Sebut, Penyintas Covid-19 di Kota Tangerang telah Donor Ratusan Kantong Plasma Konvalesen

Baca juga: Kejagung Mulai Penyidikan Kasus Korupsi Asabri, 4 Saksi Diperiksa

Bahkan sehari sebelum pelaksanaan, seluruh lokasi pendistribusian BST yang berjumlah 160 sekolah telah disemprot cairan disinfektan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara. “Arahan Pak Wali Kota jangan sampai ada klaster BST. Alurnya harus sesuai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara Aji Antoko mengatakan sebanyak 229.570 warga Jakarta Utara akan mendapat BST Pemprov DKI Jakarta. Pendistribusian BST Pemprov DKI Jakarta senilai Rp 300.000 per bulan itu dilakukan selama enam hari yakni pada tanggal 18, 19, 20, 21, 29, dan 30 Januari 2021 pukul 09.00-15.00. “Pada Senin (18/1) ada sekitar 40.000 warga yang menerima BST. Pendistribusiannya sampai tanggal 30 Januari 2021 nanti,” tutupnya.

Salah seorang warga, Zubaedah (40) mengaku senang dengan BST yang diterima dari Pemprov DKI Jakarta. Ditambah pendistribusian juga menerapkan protokol kesehatan ketat. “Senang ya, kita di sini nggak desak-desakan. Rencananya uangnya mau dipake buat membeli kebutuhan sehari-hari di rumah,” ujar warga Tanjung Priok itu.

Sementara untuk para lanjut usia (lansia) dan disabilitas di Jakarta Utara dapat diwakilkan oleh anggota keluarga. “Lansia dan disabilitas bisa dikuasakan kepada pihak keluarga,” kata Ali.

Baca juga: Catatan Anis untuk AFPI, Lebih Massif dalam Memberikan Edukasi dan Perlindungan Konsumen

Baca juga: Dukung Program Vaksinasi, Anggaran Kemenristek Direalokasi Rp 91 M

Apabila pihak yang dikuasakan tidak ada dalam Kartu Keluarga, maka diperlukan surat keterangan dari Satuan Pelaksana Suku Dinas Sosial Jakarta Utara yang berada di setiap kecamatan. Sementara apabila pihak yang dikuasakan para lansia dan disabilitas masih tercantum dalam Kartu Keluarga, maka penerima kuasa tidak perlu menyertakan surat keterangan.

“Kalau penerima masih keluarga yang namanya tertera di dalam KK tidak perlu meminta surat keterangan dari Satpel Sosial,” ujarnya.

Sementara itu apabila mereka dapat menghadiri langsung, satu ruangan di lantai dasar di setiap lokasi pendistribusian disediakan agar tidak ada kesulitan menerima BST Pemprov DKI Jakarta. Nantinya mereka dapat menunggu d (jhs)

Penulis: Angga Bhagya Nugraha
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved