Banjir Kalimantan Selatan

Ringankan Beban Korban Banjir Banjar, Kejagung RI Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Kebutuhan Pokok

Ringankan Beban, Kejaksaan Agung RI Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Kebutuhan Pokok kepada Korban Banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Penyerahan bantuan dari Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Hartadhi C yang didampingi Kasi Intel Indra Jaya serta para ibu Adhyaksa Dharmakarini kepada warga korban banjir Banjar di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar pada Senin (18/1/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Banjir dahsyat yang melanda wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan membawa duka bagi masyarakat Banjar.

Meringankan beban masyarakat, Kejaksaan Agung Republik Indonesia menyalurkan paket sembako sekaligus beragam kebutuhan pokok warga yang menjadi korban banjir.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Hartadhi C yang didampingi Kasi Intel Indra Jaya serta para ibu Adhyaksa Dharmakarini di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar pada Senin (18/1/2021).

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis dari Hartadhi kepada Camat Martapura M Ramli, Sekretaris Camat Astambul dan Sekretaris Camat Sungai Tabuk yang mewakili masyarakat terdampak banjir.

Bantuan tersebut juga disalurkan kepada Pegawai dan Pegawai Purna Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar yang juga terdampak bencana banjir.

"Kami dengan tulus merasa ikut prihatin, karena curah hujan tinggi di Kalsel telah mengakibatkan banjir seminggu terakhir," ujar Hartadhi dalam siaran tertulis pada Selasa (19/1/2021).

Setelah dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis, pihaknya kemudian menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Jaksa Agung RI untuk korban terdampak banjir di wilayah Kabupaten Banjar, seperti Kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Astambul dan Kecamatan Sungai Tabuk.

Baca juga: Dilaporkan Karena Diduga Arogan Hingga Hina Umat Hindu, Kapolsek Kelapa Dua Siap Pasang Badan

Adapun bantuan tersebut antara lain sembako sebanyak 300 paket yang terdiri dari beras sebanyak empat karung, gula pasir 100 kilogram, telor ayam 560 butir, minyak goreng 45 liter, bumbu masak, bawang merah dan bawang putih sebanyak 10 kilogram.

Para ibu Adhyaksa Dharmakarini memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Kabupaten Banjar pada Senin (18/1/2021).
Para ibu Adhyaksa Dharmakarini memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Kabupaten Banjar pada Senin (18/1/2021). (Istimewa)

Selain itu, sabun mandi dan deterjen sebanyak 10 karton, 84 karton popok bayi isi 62 bungkus per karton, minyak kayu putih sebanyak 48 botol, minyak telon 36 botol, handsanitizer 40 botol, masker medis 24 dus.

Selanjutnya, biskuit sebanyak 400 karton, teh sebanyak 48 kotak, kopi 50 karton, Air mineral 40 dus, Vitamin C 2 karton.

"Bantuan makan siap saji sebanyak 400 bungkus juga disalurkan dari Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Kabupaten Banjar. Jumlah penerima bantuan sejumlah 600 jiwa," ungkapnya.

Baca juga: Gandeng Kemkominfo, Sandiaga Uno Tekankan Pentingnya Sinyal Bagi Pengembangan Pariwisata Modern  

Bantuan tersebut lanjutnya diserahkan kepada tiga posko banjir di masing-masing wilayah yang berlokasi di Kecamatan Martapura Kota, Posko Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul dan Posko Kecamatan Sungai Tabuk.

Bantuan disalurkan dengan menggunakan mobil double cabin karena akses jalan tergenang banjir dengan kedalaman kurang lebih semeter.

Kejaksaan Negeri kabupaten Banjar mengevakuasi warga korban banjir
Kejaksaan Negeri kabupaten Banjar mengevakuasi warga korban banjir (Istimewa)

Bersamaan dengan hal tersebut, pihaknya juga turut serta mengevakuasi korban banjir ke tempat pengungsian, serta memberikan tumpangan masyarakat untuk melewati jalan yang tergenang banjir.

"Banjir di Kalimantan Selatan saat ini adalah banjir paling parah semenjak 10 tahun terakhir, di mana hampir seluruh wilayah Kecamatan Kabupaten Banjar terdampak Banjir dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi," jelas Hartadhi.

"Masyarakat penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jaksa Agung RI yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar yang terdampak bencana banjir," tambahnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved