Gempa Bumi

Kunjungi Lokasi Gempa di Sulbar, Jokowi Ingin Pastikan Proses Evakuasi, Bantuan, Bangun Gedung Roboh

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, proses bantuan kepada masyarakat, kemudian logistik pengungsi," kata Presiden Jokowi

Editor: Wito Karyono
Biro Pers Sekertariat Presiden
Presiden Jokowi saat tinjau lokasi kantor Gubernur Sulbar yang rusak berat karena diguncang gempa. Jokowi minta untuk diaudit agar bisa dibangun kembali oleh pemerintah pusat. 

WARTAKOLIVE.COM, MAJENE -- Seperti telah diagendakan, setelah meninjau banjir di Kalsel, Jokowi meninjau lokasi gempa di Sulbar.

Selain memberikan bantuan kepada korban bencana, Jokowi juga meninjau kantor Gubernur Sulbar yang rusak berat.

Baca juga: Trending Rombongan Mobil Presiden Jokowi Menerjang Genangan Banjir di Kalsel, Ini Penjelasan Istana

Baca juga: Cegah Penjarahan, DPR Minta Perketat Pengawalan Penyaluran Bantuan Korban Gempa Sulbar

Seperti dilaporkan KompasTV, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) hari ini, Selasa (19/1/2021).

Di sana, Jokowi beserta rombongan melihat gedung, rumah, hingga fasilitas umum yang roboh akibat gempa.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengunjungi tenda pengungsian untuk bertemu masyarakat yang menjadi korban gempa Mamuju dan Majene.

Baca juga: Andin Lari ke Bogor, Cerai? Ini Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta Hari Ini Selasa 19 Januari 2021

Baca juga: Mantan Suami Meninggal Dunia, Nita Thalia Akui Menyesal Bercerai dari Nurdin Rudythia

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, proses bantuan kepada masyarakat, kemudian logistik pengungsi dan juga tenda-tenda pengungsi dikelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan," ujar Jokowi di lokasi, Selasa.

"Saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga memastikan bahwa warga yang rumahnya terdampak gempa juga akan diperbaiki sesuai tingkat kerusakan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi 5.0 Skala Richter, BMKG Ingatkan Gempa Susulan

"Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu. Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk yang rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan, berarti yang hanya retak-retak, Rp 10 juta," jelas Jokowi.

Dia berharap bahwa bantuan pemerintah pusat tersebut bisa mempercepat pemulihan pascabencana di Sulbar, khususnya Mamuju dan Majene.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemuliahan kembali baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan proses pelayanan di pemerintahan di birokrasi akan kembali normal," pungkas Jokowi.

Baca juga: VIDEO Banjir Bandang Terjang Kawasan Gunung Mas Puncak Bogor, 474 Warga Dievakuasi

Presiden Joko Widodo juga melihat langsung  Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang diketahui rusak parah akibat gempa tersebut.

Bersama Jokowi, turut mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved