Breaking News:

Virus Corona Tangsel

Kepala TPU Jombang Ciputat Ungkap Pemakaman Jenazah Infeksi Covid-19 Melonjak Tinggi

Kepala TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Tabroni, mulai kewalahan menghadapi lonjakan pemakaman jenazah infeksi Covid-19.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
WARTA KOTA/RIZKI AMANA
Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. Akhir-akhir permintaan pemakaman jenazah Covid-19 melonjak di TPU Jombang. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Kepala TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Tabroni, mulai kewalahan menghadapi lonjakan pemakaman jenazah infeksi Covid-19.

Menurut Tabroni, TPU Jombang sudah mencatat 544 jenazah infeksi Covid-19 yang dimakamkan di lokasinya. 

Lonjakan pemakaman di TPU Jombang itu terjadi sejak akhir tahun 2020 hingga saat ini, terutama setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Per hari ini total 544 jenazah yang dimakamkan di TPU Jombang. Terjadi peningkatan yang cukup tinggi dari Desember sampai hari ini," kata Tabroni saat ditemui di lokasi, Ciputat, Jombang, Kota Tangsel, Senin (18/1/2021).

Ketua TPU Jombang, Tabroni, mengatakan ada lonjakan permintaan makam akhir-akhir ini.
Ketua TPU Jombang, Tabroni, mengatakan ada lonjakan permintaan makam akhir-akhir ini. (Warta Kota)

Menurut Tabroni, tiap harinya sebanyak enam hingga tujuh jenazah infeksi Covid-19 dimakamkan. Tak jarang, jumlah jenazah yang dimakaman per harinya itu meningkat dari rata-rata proses pemakaman yang dilangsungkan. 

"Rata-rata enam sampai tujuh jenazah Covid-19 yang kita makamkan. Tanggal 17 (Januari 2021) itu kita makamkan delapan jenazah. Kemarin siang aja ada empat jenazah yang kami makamkan," jelasnya. 

Adapun saat ini pihaknya mencatat sebanyak 87 jenazah infeksi Covid-19 telah dimakamkan di TPU Jombang khusus pemakaman jenazah infeksi virus corona. 

Kendati demikian, pihaknya memastikan lahan pada TPU Jombang masih mencukupi untuk pemakaman jenazah infeksi Covid-19. 

"Kapasitas kami sedang perluasan turun ke bawah. ALhamdulillah lahan tidak menjadi kendala untuk memakamkan," ujarnya.

Menurut Tabroni, TPU Jombang, Ciputat telah membuka lahan baru yang dikhususkan untuk jenazah infeksi Covid-19. Pembukaan blok baru itu ditengarai melonjaknya prosesi pemakaman jenazah infeksi Covid-19.

Sedangkan, pada blok sebelumnya telah terisi sebanyak 500 pemakaman jenazah infeksi Covid-19.

Blok lahan baru pemakaman jenazah infeksi Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel.  Pembukaan blok baru itu ditengarai melonjaknya prosesi pemakaman jenazah infeksi Covid-19.
Blok lahan baru pemakaman jenazah infeksi Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. Pembukaan blok baru itu ditengarai melonjaknya prosesi pemakaman jenazah infeksi Covid-19. (Warta Kota/Rizki Amana)

"Kapasitas kami sedang perluasan turun ke bawah. Alhamdulillah lahan tidak menjadi kendala untuk memakamkan yang kami siapkan itu hampir 2.000 meter, daya tampungnya itu 500," katanya.

Tabroni menjelaskan blok lahan baru itu dibuka pihaknya sekitar dua hingga tiga hari yang lalu. Namun, sejak dibuka blok baru tersebut tercatat belasan jenazah infeksi covid-19 telah dimakamkan di lokasi tersebut. 

"Sudah sekitar 11 jenazah yang dibawah, padahal ini baru beberapa hari, dua atau tiga harian," jelasnya. 

Diketahui, jenazah infeksi Covid-19 sebanyak 544 telah dimakamkan di lokasi khusus pemakaman infeksi virus corona.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved