Breaking News:

TPU Jombang Ciputat

Kepala TPU Jombang Ciputat Minta Pemkot Tangsel Membangun Tempat Pembuangan Sampah Khusus APD

Kepala TPU Jombang Ciputat, Tabroni, meminta pemkot Tangsel untuk segera membangun tempat pembuangan sampah (TPS) khusus APD (alat pelindung diri).

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Ketua TPU Jombang, Tabroni, mengatakan pihaknya meminta pemkot Tangsel untuk segera membangun tempat pembuangan sampah khusus APD (alat pelindung diri), agar tak berserakan. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Kepala TPU Jombang Ciputat, Tabroni, meminta pemkot Tangsel untuk segera membangun tempat pembuangan sampah (TPS) khusus APD (alat pelindung diri).

Seperti diketahui, TPU Jombang Ciputat menjadi salah satu makam yang menerima jenazah infeksi Covid-19.

Setiap kali prosesi pemakaman, petugas diwajibkan memakai APD. Sayang, setelah tugas memakamkan selesai, petugas tersebut membuang APD itu secara sembarangan di sudut-sudut TPU Jombang Ciputat.

Bahkan, sejumlah APD bekas para petugas makam itu hanya ditumpukkan di sisi-sisi blok makam untuk kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Prosesi pemakaman jenazah infeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel.
Prosesi pemakaman jenazah infeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. (Wartakotalive.com/Rizki Amana)

Kepala TPU Jombang, Tabroni membenarkan adanya langkah tersebut yang dilakukan para petugas pemakaman. 

"Iya digundukan tanah, kita gali sedikit, kita bakar (APD-red)," kata Tabroni saat ditemui di lokasi, Ciputat, Kota Tangsel, Selasa (19/1/2021).

Tabroni menjelaskan untuk mengantisipasi semakin menumpuknya sampah medis tersebut, pihaknya telah mengajukan pengadaan tempat pembuangan sampah (TPS) khusus APD tersebut ke Pemerintah Kota Tangsel. 

Pasalnya, hingga saat ini lokasi pemakaman khusus jenazah infeksi Covid-19 itu belum memiliki tempat pembuangan sampah khusus APD virus corona. 

"Kita sudah pengajuan ke atasan, mungkin atasan yang lebih berwenang, kita sudah ngajukan katanya nanti kita bisa dapat tong sampah," ucap Tabroni. 

Blok pemakaman khusus jenazah terinfeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel.
Blok pemakaman khusus jenazah terinfeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. (Warta Kota/Rizki Amana)

"Makanya kita manual saja kita bakar. Tapi mudah-mudahan hari ini datang tong sampahnya. Jadi kita bisa lebih bersih, enggak berserakan," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved