Breaking News:

Otomotif

Geser Toyota Avanza, Honda Brio Cetak Sejarah Jadi Mobil Paling Laku, Ini 10 Mobil Terlaris 2020

Untuk pertama kali dalam sejarah, PT Honda Prospect Motor (HPM) meletakkan salah satu produknya jadi mobil paling laku di Indonesia lewat Honda Brio.

Honda
ALL New Honda Brio. Untuk pertama kalinya Honda Indonesia jadi mobil paling laku di Tanah Air melalui produknya, Honda Brio. Sepanjang 2020, penjualan Honda Brio mengungguli mobil sejuta umat Toyota Avanza. 

Honda Brio mencatat total penjualan 43.021 unit sepanjang 2020, selisih 5.125 unit dari Toyota Avanza yang berada di posisi ketiga.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Honda Brio mencetak sejarah untuk Honda Indonesa dengan menjadi produk paling laku di Tanah Air selama tahun 2020.

Posisi Honda Brio yang merupakan gabungan Brio RS dan Brio Satya lantaran keduanya berasal dari satu platform tapi mengisi dua segmen, menggeser posisi mobil sejuta umat Toyota Avanza.

Baca juga: Terdaftar di Bapenda DKI, Peluncuran Honda City Hatchback Masih Teka-teki, Ini Spesikasi dan Harga

Baca juga: Didukung Avanza, Rush, dan Innova, Ini Strategi Toyota Indonesia Dominasi Pasar Mobil Tanah Air 2020

Avanza sendiri berada di urutan ketiga setelah runner-up mobil paling laku di Indonesia diduduki Suzuki New Carry Pick-up.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil perkotaan berharga terjangkau tersebut mencatatkan total penjualan 43.021 unit, selisih 5.125 unit dari Toyota Avanza.

Baca juga: Mobil Lama juga Wajib Dilengkapi APAR, Ngga Cuma Mobil Baru, Ini Alasannya

Baca juga: 10 Mobil Paling Laku di Indonesia Januari-September 2020, Brio Geser Avanza, Xpander Turun 4 Tingkat

Tampilan modifikasi Toyota Avanza Veloz dengan dual tone, merah dan silver metalic, di GIIAS 2019.
Tampilan modifikasi Toyota Avanza Veloz dengan dual tone, merah dan silver metalic, di GIIAS 2019. (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Rinciannya, sepanjang periode Januari-Desember 2020 Honda Brio Satya yang mengisi segmen mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) mampu terjual 31.713 unit.

Sementara Honda Brio RS yang bermain di segmen city car mencatat angka penjualan 11.308 unit.

"Pertama kalinya dalam sejarah Honda Prospect Motor (HPM) berdiri, salah satu produk kami yaitu Brio berhasil menjadi produk terlaris di Indonesia, bahkan dalam kondisi pasar sangat menantang," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy dalam diskusi virtual, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Deretan Suzuki Buatan Cikarang dan Tambun Dominasi Penjualan Sepanjang 2020, Apa Lagi Selain XL7?

Baca juga: Adu Spesifikasi Honda ALL New CBR150R Vs Yamaha All New R15 Vs Suzuki GSX-R150, Pilih Mana?

All New Honda Brio
All New Honda Brio (honda-Indonesia.com)

Pergeseran tren dan aktivitas

Dipaparkan, hasil tersebut dicapai seiring dengan pergeseran tren serta aktivitas masyarakat di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

"Jika kita lihat kembali, model ini diciptakan dan dikembangkan secara khusus berdasarkan hasil survei terhadap kebutuhan konsumen di pasar dalam negeri, khususnya pembeli mobil pertama," ujar Billy.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved