VIDEO Pelanggar Protokol Kesehatan Diberi Sanski Berdoa di Makam Jenazah Covid-19 TPU Jombang

Belasan orang pelanggar protokol kesehatan (prokes) covid-19 di sanksi sosial oleh pihak Satpol PP Kota Tangerang Selatan (Tangsel), TNI, dan Polri. 

Penulis: Rizki Amana | Editor: Murtopo

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Belasan orang pelanggar protokol kesehatan (prokes) covid-19 di sanksi sosial oleh pihak Satpol PP Kota Tangerang Selatan (Tangsel), TNI, dan Polri. 

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel, Muksin Al Fachry mengatakan pihaknya memberlakukan sanksi berupa berziarah dan berdoa di makam jenazah infeksi covid-19 yang bertempat di TPU Jombang, Ciputat bagi para pelanggar prokes itu. 

"Tadi ada sekitar 19 orang (pelanggar protokol kesehatan-red). Teman-teman yang melanggar prokes terkait dengan masker kita ajak ziarah ke sini," kata Muksin saat ditemui di lokasi, Jombang, Ciputat, Kota Tangsel, Senin (18/1/2021). 

Muksin menjelaskan sanksi tersebut diberlakukan bertujuan untuk memberi efek jera bagi para pelanggar protokol kesehatan. 

Baca juga: TPU Jombang Terima 87 Jenazah Covid-19 di Pekan Ketiga Januari 2021

Ia menilai cara tersebut dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk menerapkan prokes secara ketat di tengah meningginya angka penularan dan kematian kasus infeksi covid-19.

"Inilah kondisi yang tidak hoaks memang benar kenyataan banyak, apalagi saat kita membawa ke sini ada beberapa jenazah infeksi covid yang dikuburkan. Dan kami berharap masyrakat Kota Tangerang Selatan mematuhi aturan-aturan yang ada di Tangerang Selatan," jelas Muksin. 

"Tapi yang terpenting adalah sebenarnya bukan masalah edaran atau aturan, tapi kepemahaman, kesadaran untuk sama-sama menjaga kesehatan demi kita semua," lanjutnya. 

Sementara itu, Muksin mengaku para pelanggar prokes itu dibawa dari kawasan Serpong, dan Jombang dikala pihaknya menggelar operasi kepatuhan tersebut. 

Baca juga: Dinsos Kota Depok Buka Layanan Online Lantaran Empat Pegawai Terpapar Covid-19

Dari lokasi tersebut para pelanggar dibawa dari lokasi dengan menggunakan dua truk Satpol PP dengan duduk saling berhimpitan satu dengan yang lainnya tanpa menjaga jarak yang menjadi poin penerapan prokes covid-19. (m23) 

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved