Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Ruang ICU di Kota Depok Penuh, Wali Kota Sebut Ini Akibat Warga Anggap Enteng Covid-19

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan, ruang ICU penuh lantaran masih banyak warga yang menganggap enteng gejala Covid-19.

Istimewa
Warga Depok tolak disuntik vaksin Covid-19 tak kena sanksi, Ini yang dilakukan Wali Kota Depok Idris. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris memaparkan alasan ruang ICU di rumah sakit baik yang di khususkan maupun rumah sakit rujukan Covid-19 penuh.

Menurutnya, ruang ICU penuh lantaran masih banyaknya warga yang menganggap gejala Covid-19 yang dideritanya ringan-ringan saja.

"Yang jadi permasalahan adalah, sekarang banyak dari masyarakat datang ke RS dengan membawa komorbid dan membawa kondisi yang memiriskan. yang tadinya menganggap mudah-mudah, gampang-gampang saja, ketika sudah nyesek dua tiga hari, baru dia datang kE kita (RS)," kata Idris seusai inspeksi persiapan vaksinasi di RSUI, Kampus UI Depok, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: UPDATE Covid-19 Depok Minggu (27/12/2020): Positif Covid-19 Naik Tinggi 461 Kasus, Sembuh 313 Orang

Sikap masyarakat ini lah yang dinilai Idris membawa dampak penuhnya ICU dan banyak dari warganya yang mengalami gejala berat Covid-19.

Padahal, kata Idris, ruang ICU di Kota Depok tidak dapat menampung semua pasien lantaran jumlahnya yang tidak sebanding dengan jumlah penderita Covid-19.

"Ruang ICU di Depok ini totalnya 62 ruangan, dan itu susah penuh semua untuk saat ini," paparnya.

Baca juga: Hari Pertama Vaksinasi Covid-19, Bagi Calon Penerima Bisa Cek Nama di Pedulilndungi.id

Oleh karenanya, Idris mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya memanggil sejumlah rumah sakit swasta guna membahas persoalan lonjakan pasien Covid-19.

Utamanya, untuk pasien yang bergejala berat dan membutuhkan perawatan intensif di ICU.

"Ada 10 rumah sakit swasta, kita berkomitmen dan pemerintah juga akan membantu untuk menambah ruang-ruang ICU. Kita sendiri di RSUD (Kota Depok) masih kurang, baru ada delapan dan akan kita tambah dua," akunya.

Baca juga: Wali Kota Depok Mohammad Idris Tak Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Alasannya

Namun demikian, Idris mengaku pihaknya akan melakukan penambahan ruang ICU di sejumlah rumah sakit asalkan ada fisik atau bangunannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved