Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Gelar Tes Usap Massal di Kecamatan Makasar, Badan Intelijen Negara Kerahkan 25 Tenaga Medis

Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai arahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi

istimewa
Warga peserta tes usap di Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (12/1/2021). 

WARTAKOTALIVE,.COM, JAKARTA - Dalam rangka membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Badan Intelijen Negara (BIN) menyelenggarakan tes usap massal untuk warga di Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (12/1/2021).

Kordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai arahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

"Hari ini kita melaksanakan tes cepat antigen dan tes usap PCR di kantor Kecamatan Makasar sebagaimana arahan dari pimpinan kami untuk melaksanakan kegiatan di sini," ujar Budi di lokasi seperti dalam keterangan yang diterima.

Pelaksanaan tes usap dimulai pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Wagub DKI: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Bagi Tenaga Kesehatan Mulai 15 Januari

Baca juga: Maksimalkan Peran Kampung Tangguh Jaya, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya Turun ke RW Zona Merah

Baca juga: VIDEO Indonesia Tuan Rumah Ajang Berkuda Internasional FEI Jumping World Challenge (JWC) 2021

Warga Kecamatan Makasar termasuk petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) antusias mengikuti pelaksanaan tes usap tersebut.

Menerapkan standar protokol kesehatan, warga duduk di bangku yang telah disiapkan sambil menunggu panggilan petugas medical intelligen.

Budi menjelaskan, langkah tes yang diinisiasi medical inteligen BIN melalui tes cepat dan tes usap tersebut tidak akan berarti apabila masyarakat tidak patuh serta menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

"Kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ialah disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Budi melanjutkan, pihaknya menyediakan 100-150 alat test usap dan mengerahkan 25 tenaga medis guna menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut.

BIN juga menyiapkan satu unit mobile laboratorium PCR test dan satu unit bus laboratorium untuk mengolah langsung sampel tes usap yang dilakukan kepada warga.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved