Breaking News:

Gelar Program Vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi Siapkan 91 Lokasi untuk Vaksinasi

bagi kelompok usia rentan 18-59 tahun, khususnya pertama bagi petugas pelayanan publik, lansia, dan masyarakat umum.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Agus Himawan
AP/scmp.om
Ilustrasi - Vaksinasi 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiapkan 91 lokasi tempat pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19. Lokasi itu berada di rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) maupun klinik.

"Lokasi sudah kita siapkan dan tentukan untuk proses vaksinasi," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, pada Selasa (12/1/2021).

Alamsyah menjelaskan untuk jadwal pemberian vaksin pihaknya masih menunggu kedatangan vaksin maupun arahan pemerintah pusat selanjutnya. Ketika datang, vaksin akan langsung disebarkan melalui unit-unit kesehatan yang ada sebagai pusat vaksinasi.

Baca juga: Kasus Covid-19 di DKI Pada Selasa 12 Januari 2021 Total 211.252 Kasus

Baca juga: Punya Kasus Covid-19 Tertinggi di Banten, Pemkot Tangsel Mulai Terima Distribusi Ribuan Vaksin

"Kami sudah menyiapkan 46 rumah sakit, 44 pusat kesehatan masyarakat, dan satu klinik sebagai lokasi vaksinasi Covid-19," jelasnya. Di lokasi-lokasi itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah menyiagakan tenaga operator yang bertugas menyuntikkan vaksin kepada para tenaga medis yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin tahap pertama.

"Jadi di semua lokasi vaksinasi kami sudah menyiapkan masing-masing empat tenaga vaksinator yang sudah dibekali pelatihan sebelumnya," ucapnya. Alamsyah menyebut vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Bekasi direncanakan dilakukan kepada 12.234 orang tenaga kesehatan.

Angka itu sesuai dengan yang disetuji oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk pelaksanaannya, dari Kementerian Kesehatan dijadwalkan pada 13-14 Januari 2021, akan tetapi masih menunggu arahannya.

"Kami masih menunggu arahan pusat selanjutnya seperti apa karena alokasi untuk persiapan tahap pertama tanggal 13-14 besok itu di Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kota Bogor. Kabupaten Bekasi belum, itu alokasi dari Kemenkes," ungkapnya.

Sesuai Instruksi Menteri Kesehatan, untuk tahap awal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Lalu, bagi kelompok usia rentan 18-59 tahun, khususnya pertama bagi petugas pelayanan publik, lansia, dan masyarakat umum. Kemudian kepada orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi Covid-19 dan administrator yang terlibat dalam pelayanan publik.

Baca juga: Jadi Pelajaran Mahal, Jokowi Instruksikan Tragedi Seperti SJ 182 Jangan Sampai Terulang

Baca juga: 65 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182 Dikumpulkan Pada Pencarian Hari Keempat

Warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bakal dikenakan sanksi apabila menolak untuk diberikan vaksin. Demikian dikatakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi, di Cikarang, pada Selasa (12/1/2021).

Politisi PKS tersebut, mengungkapkan tujuan pemberian vaksin ini agar penyebaran virus tersebut dapat dikendalikan. Maka itu, dia mengajak masyarakat agar mau diberikan vaksin covid-19 tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved