Breaking News:

Yonex Thailand Open

Ganda Campuran Hafiz/Gloria Langsung Tumbang Dikalahkan Pasangan India Di Thailand Open

Laga pembuka selalu menjadi hal yang tidak mudah buat pebulutangkis apalagi sudah lama tidak tanding

Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus mengakui lawannya pasangan India pada laga pembuka Thailand Open 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pertandingan pembuka selalu tidak mudah, nasib itu dialami pebulutangkis Indonesia yang kembali bertarung di turnamen Yonex Thailand Terbuka 2021.  Setelah vakum sejak Maret tahun silam dari kompetisi, menyusul pandemi Covid-19 yang melanda di banyak negara.

Tak heran, penampilan para pemain Skuad Garuda di Impact Arena, Bangkok, Selasa (12/1/2021) belum pada penampilan sebenarnya.

Apalagi, turnamen berhadiah total 1 juta dolar AS ini juga merupakan kalender pembuka BWF di tahun ini.

Mereka sepertinya membutuhkan adaptasi yang lebih cepat lagi setelah absen sekitar 10 bulan dari pertandingan.

Baik yang lolos ke babak kedua atau yang terganjal di partai perdana, langkahnya selalu tidak mudah saat mereka melakoni pertandingan perdana.

Fajar Alfian/M Rian Ardianto berhasil melangkah ke babak kedua Thailand Open setelah mengalahkan Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura
Fajar Alfian/M Rian Ardianto berhasil melangkah ke babak kedua Thailand Open setelah mengalahkan Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura (Badminton Photo)

"Memang sudah lama pemain tidak bertanding, tetapi bukan ini yang menjadi kendala. Pemain belum cepat berdaptasi dengan lapangan yang berpendingin ruangan dan ada hembusan angin," jelas Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky dikutip dari badmintonindonesia.org.

"Hal ini yang membuat permainan mereka belum maksimal di babak pembuka, baik yang kalah maupun menang. Kita berharap, besok mereka bisa lebih in dan lebih lepas mainnya," tambahnya. 

Baca juga: PBSI Dampingi Dua Pebulu Tangkis Indonesia Ajukan Banding ke CAS

Baca juga: Edi Sukarno Wakil Sekjen PP PBSI Menanggapi Kasus Delapan Pebulutangkis Yang Lakukan Match Fixing

Perlu penyesuaian itu terlihat pada kekalahan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaya. Mereka belum bisa langsung in ketika memulai pertandingan. Dampaknya mereka dijegal Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa (India), 11-21, 29-27, 16-21.

Di ganda putra, pasangan Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian juga harus bertarung tiga gim untuk lolos dari lubang jarum.

Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando sukses mengalahkan rekan sepelatihan di Pelatnas Cipayung, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, 15-21, 29-27, 21-13.
Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando sukses mengalahkan rekan sepelatihan di Pelatnas Cipayung, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, 15-21, 29-27, 21-13. (Badminton Photo)

Mereka sempat ketinggalan 18-20 di gim ketiga melawan Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura. Mereka akhirnya menang atas wakil tuan rumah dengan skor 17-21, 21-16, 22-20.

"Di gim ketiga, saat tertinggal 18-20, kami saling mengingatkan saja kalau masih bisa karena belum berakhir. Harus coba terus sampai bisa dan Alhamdulillah bisa menang," sebut Rian.

Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando sukses memenangi perang saudara. Mereka berhasil menekuk rekan sepelatihan di Pelatnas Cipayung, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, 15-21, 29-27, 21-13.

"Di sini kami hanya ingin bermain semaksimal mungkin, mengeluarkan seluruh kemampuan yang kami punya," ucap Leo.

Editor: Umar Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved