Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Cerita Penyelam Soal Kondisi Pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang Sudah Menjadi Kepingan Kecil

Tim Leader Indonesia Divers Rescue Team IDRT Bayu Wardoyo menceritakan soal penyelaman untuk mencari pesawat Sriwijaya Air SJ 182

istimewa
Ilustrasi - kisah penyelam saat mencari korban pesawat Sriwijaya Air terkendala dengan jarak pandag Detasemen Jalamangkara (Denjaka) Melakukan Penyelaman Mencari Korban Sriwijaya Air SJ 182 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Berikut ini cerita penyelam yang ikut mencari korban pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di peraira Kepulauan Seribu.

Tim Leader Indonesia Divers Rescue Team IDRT Bayu Wardoyo menceritakan soal penyelaman untuk mencari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di sekitar pulau Laki dan pulau Lancang.

Ada sejumlah masalah yang dihadapi saat penyelaman, diantaranya jarak pandang yang tak terlalu jelas 

"Cuma yang mesti kita dikasih tau mengenai kapan soal arus laut. Tapi visibilitas (jarak pandang) enggak begitu bagus. Ini 3 meter saja sudah bagus," kata Bayu di Kapal Negara (KN) SAR Basudewa, Kepulauan Seribu, Minggu (10/1/2021).

Menurut dia, kondisi cuaca di sekitar lokasi yang diduga jatuhnya pesawat cenderung cerah.

Ia menuturkan jarak pandang yang pendek itu membuat tim penyelam akan kesulitan dalam proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Tingkat visibilitas itu dari jarak pandang. Kalau dia jarak penglihatannya dekat berarti airnya keruh. Biasanya dekat daratan juga airnya keruh. Tapi dipengaruhi juga dengan arus. Kalau arus kencang itu sampahnya kebawa jadi lebih bening," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan waktu yang terbatas juga menjadi kendala tim penyelam.

Sebab, tim penyelam akan kesulitan melakukan proses pencarian jika memasuki malam hari.

Baca juga: Heboh Penumpang Sriwijaya Air SJ 182 Atas Nama Sarah Beatrice Alomau Ternyata Masih Hidup, Kok Bisa?

"Kalau malam gelap, sebenernya kita bisa menyelam malam hari. Tapi risikonya lebih tinggi dan enggak efektif juga,"ujarnya.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved