Breaking News:

Virus corona

WHO Akan Mulai Penyidikan Asal Muasal Wabah Corona di Cina

Delegasi WHO dijadwalkan tiba pada Kamis (14/1) di Cina. Komisi Kesehatan Nasional (NHC) yang ditugaskan mengawal kunjungan tersebut enggan merinci

Editor: Bambang Putranto
Chine Nouvelle/sipa/rex/dailaymail
Ilustrasi - pasien covid-19 di KOta Wuhan, tempat awal ditemukan kasus covid-19 

Wartakotalive.com - Delegasi WHO dijadwalkan tiba pada Kamis (14/1) di Cina. Komisi Kesehatan Nasional (NHC) yang ditugaskan mengawal kunjungan tersebut enggan merinci proses penyidikan yang bakal digulirkan.

Hingga kini belum jelas apakah utusan WHO akan diizinkan menyambangi kota Wuhan yang menjadi pusat episentrum penyebaran virus corona pada akhir 2019 lalu.

Lawatan ini sudah dirundingkan sejak lama antara pemerintah di Beijing dan otoritas kesehatan dunia. Direktur Jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pekan lalu sempat mengaku kecewa lantaran keterlambatan.

Menurutnya tim ilmuwan WHO seharusnya sudah bisa menjalankan penelitian di lapangan sesuai kesepakatan dengan Cina.

Penyelidikan mengenai asal usul wabah berdaya ledak politis yang tinggi. Cina khawatir dijadikan kambing hitam atas pcahnya pandemi corona.

Beijing selama ini membatasi akses terhadap semua bentuk penelitian terkait asal usul virus corona. Sementara media-media pemerintah giat melontarkan teori, virus corona pemicu Covid-19 sejatinya berasal dari luar negeri.

Laporan investigasi Associated Press mengungkap, pemerintah Cina mengucurkan dana riset sebesar ratusan ribu US Dollar untuk meneliti asal usul virus Corona di selatan Cina.

Menurut dokumen internal yang didapat AP, pemerintah mengontrol jalannya penelitian, dan mewajibkan pemeriksaan oleh sebuah satuan tugas bentukan Presiden Xi Jinping, sebelum hasil riset bisa dipublikasikan.

Budaya kerahasiaan semacam itu ditengarai memperlambat munculnya peringatan dini bahaya wabah pada Januari 2020 silam.

Keterlambatan informasi dan pengiriman data oleh Cina, juga diyakini banyak kalangan menghalangi pengembangan metode tes atau uji corona di masa-masa awal.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved