Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Fungsi Black Box yang Kini sedang Dicari di Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh di Kepulauan Seribu

Selain mencari korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182, Tim SAR juga mencari black box atau kotak hitam pesawat tersebut.

Editor: Mohamad Yusuf
Nextren.grid.id
(Ilustrasi Black Box) Selain mencari korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182, Tim SAR juga mencari black box atau kotak hitam pesawat tersebut. Di mana dengan black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 itu akan diketahui penyebab jatuhnya pesawat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Upaya pencarian korban dalam peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, masih dilakukan hingga Minggu (10/1/2021).

Namun selain mencari korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182, Tim SAR juga mencari black box atau kotak hitam pesawat tersebut.

Di mana dengan black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 itu akan diketahui penyebab jatuhnya pesawat.

Dikutip dari TribunPontianak, Komite Nasional Kecelakaan Transportasi ( KNKT) memastikan akan segera mencari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu 9 Januari 2021.

Pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh akan mulai dilakukan Minggu 10 Januari 2021, meski yang utama harus dilakukan adalah mencari para korban yang dilakukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, dalam pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182, pihaknya akan mengkuti koordinasi yang dilakukan bersama Basarnas.

Apa Itu Black Box?

Black box, mungkin menjadi satu alat yang akan dicari tim penyelamat ketika terjadi kecelakaan pesawat terbang.

Perlu diketahui, setiap pesawat komersial atau jet perusahaan harus dilengkapi dengan black box atau " kotak hitam".

Black box ini memang tidak dapat membantu ketika pesawat berada di udara, namun alat ini sangat penting pada kasus pesawat jatuh.

Dengan fungsi yang dimiliki, black box dapat membantu penyelidik untuk mencari tahu apa yang terjadi sebelum kecelakaan pesawat.

Tak ayal black box menjadi alat yang paling dicari, selain penumpang dan kru pesawat ketika terjadi kecelakaan.

Seperti dilansir natgeotv.com, black box terdiri dari dua bagian, yakni perekam data penerbangan (flight data recorder) dan perekam suara di kokpit (cockpit voice recorder).

Kedua peralatan ini sangat penting jika pesawat jatuh karena dapat membantu penyelidikan kecelakaan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved