Breaking News:

Uji Emisi

Uji Emisi Gratis hanya sampai Tanggal 21 Januari 2021, Ini Biaya Jika Dilakukan Mandiri di Bengkel

Uji emisi gratis masih berlangsung hingga 21 Januari mendatang. Berapa biayanya jika dilakukan mandiri di bengkel tertentu?

Editor: Fred Mahatma TIS
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Sejumlah pemilik kendaraan bermotor antusias ikut uji emisi gratis di Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (6/1/2021). Berapa biayanya jika melakukan uji emisi mandiri di bengkel tertentu? 

Setelah diterbitkan Juli 2020, implementasi aturan soal ambang batas emisi gas buang di wilayah Jakarta akan berlaku pada 24 Januari 2021 mendatang.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar rangkaian uji emisi gratis di beberapa wilayah.

Hal ini dilakukan menjelang implementasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 mengenai kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor pada 24 Januari 2021,

Baca juga: Tidak Lakukan Uji Emisi Sanksi Tilang Menanti, Berapa Lama Hasil Uji Emisi Kendaraan Berlaku?

Baca juga: DFSK Gelar Program New Year Surprise, Cicilan Ringan Mulai Rp 2 Jutaan plus Ragam Hadiah Langsung

Namun pelaksanaan uji emisi gratis tersebut berakhir pada 21 Januari 2021.

Artinya, bila lebih dari tanggal yang ditetapkan, pemilik mobil dan sepeda motor dengan usia tiga tahun lebih harus melakukan pengetesan dengan mengeluarkan biaya sendiri.

"Sejauh ini sosialisasi sampai 21 Januari, karena di 24 (Januari) sudah penerapan. Bila tidak memanfaatkan yang sekarang ini, mereka (pemilik kendaraan) harus uji sendiri di bengkel yang ada," ucap Plt Kepala DLH DKI Jakarta Syaripudi saat ditemui di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: VIDEO Antusiasme Tinggi, Warga Rela Antre 1,5 Jam Ikut Uji Emisi Gratis di Rawamangun

Baca juga: Mulai 24 Januari 2021, Mobil dan Motor Berumur Lebih dari 3 Tahun di Jakarta Wajib Lolos Uji Emisi

Bengkel Daihatsu terbuka untuk umum

Lalu, berapa ongkos atau biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil bila harus melakukan uji emisi sendiri?

Saat redaksi menanyakan soal ketersediaan uji emisi di Daihatsu, Ratno Yunanto, Service Department Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menjelaskan, pihaknya sudah memiliki layanan tersebut.

"Daihatsu sudah memulai layanannya, untuk biaya kita kenakan Rp 165.000 per unit. Itu sudah termasuk lampiran hasil dan sertifikat lulus uji emisi, serta kami upload hasilnya ke sistem yang terintegrasi," ujar Ratno kepada Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

"Untuk saat ini baru dua bengkel, tapi dalam waktu dekat akan ada penambahan lagi sehingga total untuk wilayah DKI Jakarta ada tujuh bengkel Daihatsu yang melayani pengujian emisi kendaraan," kata dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved