Breaking News:

Berita Bekasi

Bekasi Dapat Bantuan dari Korea Selatan Senilai Rp 210 Miliar untuk Modernisasi Bus Transpatriot

Pemerintah Kota Bekasi akan mendapat bantuan dana dari Korea Selatan untuk modernisasi bus Transpatriot senilai Rp 210 miliar.

Istimewa
Ilustrasi bus Transpatriot Bekasi. Pemkot Bekasi akan menerima bantuan dari Korea Selatan senilai Rp 210 miliar. Bantuan itu untuk menerapkan sistem digital pada perjalanan bus Transpatriot. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota Bekasi akan mendapat bantuan dana dari Korea Selatan untuk modernisasi bus Transpatriot.

Bantuan Korea Selatan itu dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Bantuan berbentuk barang itu disalurkan pemerintah Korea Selatan melalui BPTJ sebesar 15 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp 210 miliar (kurs 1 dolar = Rp 14.020, per 9 Januari 2021).

"Bantuan dari pemerintah pusat yang menunjuk pemkot Bekasi sebagai pilot project. Dari Korea Selatan nanti memberikan kepada BPTJ untuk diberikan ke Pemkot Bekasi," ujar Tri Adhianto saat dikonfirmasi, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga: VIDEO: Buka Rute Baru, Bus Transpatriot Gratiskan Tarif Hingga Awal September

Baca juga: SIMAK 5 Fakta Calon Bus Transpatriot yang Mangkrak di Lahan PDAM Tirta Patriot Bekasi

Modernisasi bus Transpatriot menggunakan konsep digitalisasi. Misalnya seperti pemasangan alat pengatur jadwal secara digital.

"Bantuannya bukan armada, berupa teknologi dan perangkat kerasnya. Seperti sistem digitalisasinya akan dipasang di bus, terminal dan halte," katanya.

Dashboard perjalanan bus berkonsep digital diharapkan agar masyarakat bisa memperoleh kepastian berkaitan jadwal keberangkatan bus.

"Sehingga nanti kami punya dashboard perjalanan bus ini dari awal, kemudian proses perjalanan dan sampai ke akhir akan terkoneksi dengan command center Transpatriot," tuturnya.

Baca juga: Disebut Lebih Mahal dari Transjakarta, Bekasi Sebut Tarif Transpatriot Wajar

Baca juga: Tiga Hari Beroperasi, Ini Masukan Penumpang untuk Bus TransPatriot Kota Bekasi

Selain itu, mesin pembayaran secara non-tunai juga akan diupayakan dipasang di setiap armada Bus Transpatriot.

Bantuan tersebut akan diserahterimakan Pemkot Bekasi secara langsung kepada PD Mitra Patriot selaku BUMD yang mengelola Bus Transpatriot.

Saat ini, Bus Transpatriot telah memiliki 3 rute yakni terminal Bekasi-Harapan Indah, Bantargebang-Summarecon, dan Wisma Asri-Sumber Arta, Kalimalang. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved