Breaking News:

Virus Corona Tangsel

Kasus Covid-19 Meningkat, Airin Belum Berencana Buka Lahan Pemakaman Covid-19 Baru di TPU Jombang

Kematian Akibat Infeksi Covid-19 di Tangsel Terus Meningkat, Airin Belum Berencana Buka Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19 Baru di TPU Jombang

Warta Kota
Makam jenazah infeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mengaku belum berencana menambah lokasi pemakaman khusus jenazah infeksi covid-19.

Pasalnya, lokasi pemakaman khusus jenazah infeksi covid-19 di TPU Jombang hingga saat ini terbilang masih tersedia untuk membuka lubang-lubang makam barunya. 

Kendati angka kematian akibat infeksi covid-19 masih terus mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir. 

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan Siap Divaksin Menunggu Izin Penggunaan Darurat BPOM

"Masih cukup, masih luas, enggak perlu dan kita juga enggak mau akan terus bertambah (korban akibat infeksi covid-19-red)," kata Airin saat melangsungkan konferensi persnya di Balai Kota Tangsel, Ciputat, Jumat (8/1/2021).

Orang nomor satu di Kota Tangsel ini pun menegaskan bila pihaknya tak berfokus terhadap penambahan lahan makam khusus jenazah infeksi covid-19.

Sebab, pihaknya lebih berfokus mengupayakan penerapan protokol kesehatan covid-19 secara ketat di masyarakat serta mempersempit laju penyebaran dan penularan virus corona. 

"Kita enggak mau (berfokus soal makam khusus covid-19-red). Kalau diproses seperti itu enggak apa-apa bagi saya, mendingan orang takut kalau ada covid-19 tapi tertolong. Saya lakukan itu demi kebaikan bagi semuanya," tegas wanita yang memiliki dua anak ini. 

Diwartakan sebelumnya, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan mencatat sebanyak 494 jenazah infeksi covid-19 telah dimakamkan sejak pandemi virus corona melanda. 

Baca juga: 120 Santri dan Guru di Ponpes Bojonggede Terpapar Covid, Sebagian yang OTG Isolasi Mandiri di Rumah

Meningkatnya angka kematian akibat infeksi covid-19 membuat petugas pemakaman khusus jenazah virus corona itu membuka lahan barunya. 

"Sudah penuh di blok pertama, jadi hari ini kita sudah mulai untuk memakai blok yang baru," kata Kepala TPU Jombang, Tabroni saat ditemui di lokasi, Jombang, Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (8/1/2021).

Tabroni mengatakan semenjak meningkatnya angka kematian covid-19 di penghujung tahun 2020 kemarin, pihaknya melakukan penggalian lubang kubur bagi para jenazah pada tiap harinya. 

Bahkan, jumlah prosesi pemakaman jenazah infeksi covid-19 di bulan Desember 2020 itu tercatat melampaui bulan-bulan sebelumnya maupun awal pandemi virus corona melanda di Maret 2020 kemarin. 

"Untuk rata-rata 6 sampai 7 jenazah, itu warga Tangsel dan non Tangsel tapi tinggal di Tangsel. Sejak awal pandemi dari Maret itu yang meledak itu Desember (2020)," ungkapnya. 

Ia pun menuturkan pada blok baru ini diperkirakan dapat menampung 500 jenazah akibat infeksi covid-19. (m23) 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved