Breaking News:

Selain Rutin Cek Kabel Listrik Warga Depok Disarankan Ikuti Langkah-langkah Antisipasi Kebakaran Ini

Salah satu hal yang dapat mencegah terjadinya korsleting listrik diakui Denny dengan rutin mengecek kabel yang telah berusia lebih dari lima tahun.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi kebakaran akibat korsleting listrik di sebuah rumah di Komplek Hankam, di Jalan Mawar, Kelurahan Pasirgunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK --- Sepanjang tahun 2020 musibah kebakaran di wilayah Kota Depok mayoritas akibat korsleting listrik.

“Mayoritas kasus kebakaran tahun ini disebabkan korsleting listrik sebanyak 78 kasus. Sementara penyebab lainnya yaitu kompor meledak 14 kasus, serta puntung rokok dan sebagainya 31 kasus,” papar Kepala Bidang Penanggungalan Bencana Dinas Damkar Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo, Rabu (6/1/2021).

Untuk itu, Denny mengingatkan warga untuk terus berhati-hati.

Salah satu hal yang dapat mencegah terjadinya korsleting listrik diakui Denny dengan rutin mengecek kabel yang telah berusia lebih dari lima tahun.

“Pengecekannya bisa dilakukan secara mandiri maupun dibantu oleh pihak PLN,” akunya.

Warga juga diminta untuk menggunakan peralatan elektronik sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Kemudian, menjauhkan barang yang mudah terbakar serta memperhatikan daya listrik yang digunakan.

Langkah antisipasi lainnya dengan menyediakan Alat Pemadam Ringan (APAR) yang disarankan Denny untuk disiapkan di masing-masing rumah ataupun tempat usaha.

Dengan rincian tabung 5 kg untuk skala rumah tangga dan 6 kg untuk tempat usaha.

Tujuan APAR ini sebagai langkah awal bila terjadi kebakaran sehingga api bisa dengan mudah ditangani sejak awal dan tak sampai membesar ataupun merembet ke tempat yang mudah terbakar.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved